Breaking News

AKPAR Gelar Penutupan PBN di Situ Gede

Mangkubumi I Kota Tasikmalaya - Qjabar.com

Bertempat di Lapangan tembak situ Gede Kampung Situ Bedog  Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya kegiatan Pendidikan Bela Negara (PBN) Akademi Pariwisata Siliwangi (AKPAR) angkatan ke-25 yang telah dilksanakan selama 4 hari dari tanggal 24-27 Februrai 2020 yang yang diikuti oleh 60 peserta resmi ditutup pada hari Kamis (27/02/2020).

Upacara Penutupan PBN ini oleh Ketua Yayasan Universitas Siliwangi Brigjen Purn.DR.H.Deden Ruchlia M.Si.,yang disaksikan oleh Direktur AKPAR Siliwangi Drs.Hj.Iriani M.Pd,Kordinator lapangan Risma Julistiana S.Pd.,M.Pd., Penanggung jawab Pelatih Kodim 0612 Serma Mahfudin,Serka Jaenal Abidin,Babinsa Kecamatan Mangkubumi Serma Ogi Hakiki,Serda Rubi,dan Koptu Deden.Kegiatan tersebut mengusung tema "Kedisiplinan Adalah Modal Utama Dalam Metaih Kesuksesan".

Brigjen Purn.DR.H.Deden Ruchlia M.Si. selaku Inspektur Upacara menyampaikan didalam bela negara yang telah diberikan hakelat diantaranya landasan histori,konstitusional dan operasional.Sebagai prilaku sebagai sebuah bangsa itu akan ditunjukan oleh para penerus bangsa yang akan datang.

 "Kesadaran Bela Negara semakin penting untuk dimantapkan karena perubahan lingkungan. Beberapa konflik baik yang berdimensi vertical
maupun horizontal akibat perbedaan suku, agama, ras dan antar golongan bahkan perbedaan kepentingan politik telah mengancam integrasi bangsa. "Upaya konkrit untuk menumbuhkan Kesadaran Bela Negara, wawasan kebangsaan seperti ini perlu terus dikembangkan di dalam berbagai Ingkungan, termasuk para mahasiswa dalam rangka menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa, cinta tanah air dan tetap terjaminnya keutuhan NKRI.

Didalam bela negara yang telah diberikan hakelat diantaranya landasan histori,konstitusional dan operasional.Sebagai prilaku sebagai sebuah bangsa itu akan ditunjukan oleh para penerus bangsa yang akan datang."Paparnya.

Sementara Direktur AKPAR Siliwangi Drs.Hj.Iriani M.Pd mengatakan Pendidikan Bela Negara bagi Akademi Pariwisata Siliwangi bertujuan memberikan pemahaman dan pengetahuan bela negara dan wawasan kebangsaan serta aplikasi pembentukan sikap mental kpribadian dalam bela negara sesuai yang diamanatkan dalam pasal 30 UUD 1945."Diharap dengan telah usainya kegiatan ini, para mahasiswa dapat menjadi kader yang handal dan Tangguh dalam mengsosialisasikan hak dan kewajiban bela negara di alingkungan kampus maupun masyarakat. Terutama dalam pnerapan sikap persatuan dan kestuan, disiplin, kegotongroyongn, kebersamaan serta kesadaran terhadap upaya pembelaan bangsa dan negaranya."Ujarnya.

Dra.Tuti Iriani M.Pd menambahkan,setelah mengikuti kegiatan Pendidikan Bela Negara selama 4 hari ini menurutnya,terlihat dari mereka itu sudah memiliki jiwa-jiwa yang disiplin dengan penuh semangat dan mempunyai dedikasi yang tinggi."Pesan saya kepada para peserta yang telah mengikuti kegiatan PBN ini, disetiap langkah baik di masyarakat, atau dimana pun berada harus dapat menerapkan ajaran yang telah didapatkan selama mengikuti kegiatan PBN, sehingga mereka pun bisa saling bersinergi dan dapat memberikan kebaikan. Kesuksesan adalah dapat menyumbangkan kebaikan bagi orang lain,” tambahnya.

Sambung DR.H.Deden  menyampaikan, terimakasih kepada kodim 0612 yang telah membantu membina dan mendidik mahasiswa kami agar mereka kelak menjadi pemimpin-peimpin masa depan bangsa yang berlandaskan nilai-nilai kejuangn bangsa dan negara Indonesia.

Sebagai penutup saya mengutip kata yang ada dalam bener tersebut yang mengatakan bahwa kedisiplinan adalah modal utama dalam meraih kesuksesan." Untuk itu tetaplah memiliki rasa semangat dan disiplin untuk meraih sukses.''Pungkasnya.


Jurnalis : (dan)
Editor: Ek

Tidak ada komentar