Breaking News

Melalui Musrenbang Tingkatkan Kualitas Sumberdaya Manusia Menuju Daya Saing Global

Katapang | Kab.Bandung - Qjabar.com

Musyawarah rencana pembangunan (Musrembang) tingkat kecamatan katapang tahun 2020,  yang diadakan secara bersama sama antara tokoh masyarakat, BPD, LPMD, Tokoh pemuda, Tokoh Agama, RT dan RW, Para Kades, Kepala Sekolah seKecamatan Katapang berlangsung pada Senin 3 Pebruari 2020 bertempat di Aula Kecamatan katapang. Serta hadir pula Kapolsek Katapang dan pihak Koramil 0909/Pameungpek, dan Para Anggota DPRD Kabupaten Bandung wilayah Dapil 2.

Pemerintahan Kecamatan Katapang sangat berterima kasih dan mengafresiasi kepada para tamu yang hadir pada saat Musrenbang,  Yang mana tujuan dari Musrenbang tersebut adalah untuk menampung Aspirasi masyarakat Desa yang mengharapkan adanya kemajuan dan kesejahteraan wilayah, baik bidang Infrastruktur fisik, Sosial, pendidikan, kesehatan dan peningkatan perekonomian masyarakat.senin 3/02/2020.

Sementara itu Kadisperkimtan Kabupaten Bandung Ir. Erwin Rinaldi menuturkan, Bahwa Anggaran dari Pemda saat ini memang terbatas namun tetap diharapkan Prioritas yang di kedepankan, sebab setiap program pemerintah yang paling utama adalah titik yang menjadi skala prioritasnya agar capaian pelaksanaan program dapat terealisasi dan terwujud.

" Program dari Disperkimtan Kabupaten Bandung pun banyak, Seperti RTLH, SPAM, sanitasi dan sekarang yang dikedepankan Bidang Pemakaman dan pertamanan, maka nantinya dari Sisi anggarannya pun Sipatnya Hibah, Maka diharapkan masyarakat Desa dapat berkolaborasi serta Sinergitas menuju capaian Desa Mandiri."ungkap Erwin Rinaldi.

Camat Katapang Drs.Yani Supardi Setiawan menjelaskan, bahwa pelaksanaan Musrenbang saat ini bertujuan untuk mengsingkronisasikan keinginan masyarakat tiap Desa di wilayah kerjanya agar kedepan saat menerima dan melaksanakan program pemerintah dapat berjalan lancar, Serta penggunaan Anggaran pun dapat terakomodir dengan baik, transparan dan Sinergitas." Jelasnya.

"Musrenbang tingkat kecamatan adalah kegiatan yang sudah menjadi rutinitas pihak Kecamatan katapang, dalam melaksanakan program pemerintah juga termasuk Pagu anggaran yang sudah di tentukan oleh pihak Pemerintah Daerah, Sehingga adanya Musrenbang ini akan terlihat berapa anggaran yang di perlukan atau yang harapkan oleh tiap pihak Desa sekecamatan katapang. Dan nantinya sesuai atau tidak itu tergantung Pagu Anggaran dari Pemda."

Untuk pagu Anggaran yang di perlukan keseluruhan desa sekecamatan katapang di kisaran Rp.11.807.401.825 sedangkan pihak pemda pagu indikatifnya hanya Rp.7,5 miliar lebih perdesa, sehingga selisihnya pun kisaran Rp.3 miliar lebih, maka dengan adanya musrenbang tingkat kecamatan diharapkan tiap Desa menjadi tahu dan pihak kecamatan pun berharap setiap aspirasi masyarakat dapat terakomodir, Namun karena Pagu dari Pemda terbatas hanya Rp.300 miliar untuk dibagi ke 270 Desa sekabupaten Bandung.

Sedangkan wilayah kecamatan katapang ada tiga point yang harus direalisasikan yaitu bidang pembangunan fisik 78,42%, bidang ekonomi 4,28%, bidang sosial 17,3%. Sehingga pihaknya sangat mengsupport program pemerintah daerah dan diharapkan kepada tiap Desa dapat lebih berhati hati dalam penggunaan anggaran dan harus jelas pelaporannya.


Jurnalis.(Yun.s)
Editor: Ek

Tidak ada komentar