Breaking News

Intan: Jadi Peserta PBN Disiplin dan Sabar Adalah Modal Utama

Mangkubumi I Kota Tasikmalaya - Qjabar.com

Pendidikan Bela Negara (PBN) Akademi Pariwisata Siliwangi (AKPAR)
Program tahunan yang diwajibkan untuk  mahasiswa tingk at satu ini digelar dalam rangka penguatan jati diri dan rasa bela negara mahasiswa.Kamis lalu (27/02/2020).

Setelah selesai penutupan PBN AKPAR disela -sela waktu  mewawancarai salah satu peserta PBN,tingkat 1 semester 2 Intan Permata Diana 
Mahasiswi jurusan Pariwisata angkatan 2020 berbagi perasaannya setelah mengikuti PBN tahun ini.

“Sangat menyenangkan bisa ikut serta di acara ini, dapat kenal dengan teman beda jurusan bahkan fakultas, pelatihnya sangat baik, keras namun sering membuat suasana cair,” katanya.

Mahasiswi yang akrab dipanggil Intan ini menambahkan, hal yang paling membuat ia merasa excited adalah mahasiswa yang satu kelompok dengannya,"saya masuk di kompi yang berisikan orang-orang serius dan kocak. Lelah, panas terik matahari dan hujan pun jadi tak terasa,” ungkapnya.

Kegiatan PBN ini setiap harinya mengharuskan peserta untuk berkumpul mulai pukul 06.00 WIB.Meski dapat dibilang masih sangat pagi, peraturan waktu yang dibuat panitia ini tak lain dimaksudkan untuk membuat mahasiswanya lebih disiplin.Ia menyebutkan outbond  yang diajarkan panitia kegiatan membuatnya semangat dan dapat menghilangkan beban stres.

Lalu ditanya apakah pernah mengalami keluhan sakit selama kegiatan PBN yang begitu padat, Intan mengaku hanya mengalami pegal-pegal saja.

“Untuk keluhan sakit, Alhamdulillah saya sehat selalu selama kegiatan berlangsung. Cuma lebih ke pegel bagian kaki, maklum longmarch sekitar 1 kilo meter yang melintasi 4 rintangan yang memacu adrenalin  yaitu lintasan dua tali,jaring laba-laba,lintasan satu tali dan masukan paku dalam botol,” ujarnya.

Diakhir wawancara, Intan memberikan harapan untuk PBN tahun selanjutnya semoga bisa lebih menarik lagi dan dapat menghadirkan inovasi-inovasi yang berbeda,juga dirinya merasa senang mengikuti kegiatan Pendidikan Bela Negara ini karena kegiatan PBN ini sangat bermanfaat khususnya bagi mahasiswa baru.

“Di kegiatan PBN ini kita dibekali yang belum didapat, baik itu berupa pemberian materi oleh berbagai narasumber pada hari pertama, maupun pada hari terakhir pelaksanaan PBN ini. Dimana kita para peserta mendapatkan pengetahuan dari para pelatih dari Kodim 0612  pada saat outbound yang menjelaskan maksud dan tujuan kita para peserta harus melewati beberapa rintangan yang telah disiapkan oleh para pelatih. Di acara outbound ini kita para peserta benar-benar harus dapat menunjukkan kekompakkan, disiplin dan kesabaran agar dapat melewati rintangan tersebut,” ujarnya.

Saya atas nama peserta PBN pun mengucapkan terima kasih kepada para pelatih dari Kodim 0612/Tsm yang telah mendidik kami agar memiliki jiwa yang disiplin.

“Kepada teman-teman yang sama-sama mengikuti kegiatan PBN ini, sesudah mengikuti kegiatan ini kita harus selalu menjaga kekompakkan dan kedisiplinan. Karena kedisiplinan itu harus menjadi modal utama kita,” pungkasnya.

Jurnalis:(dan)
Editor: Ek

Tidak ada komentar