Breaking News

Dalang Udan E Lili Sunarya Giri Wangi 2 Akan Terus Kembangkan Seni Wayang Golek

Katapang I Kab. Bandung, - Qjabar.com

Dijaman sekarang, permasalahan Seni Budaya Sunda khususnya Wayang Golek sudah mulai jarang terdengar, namun semua itu harus ada regenerasi yang bisa mengangkat masalah seni budaya khususnya Wayang Golek, hal ini dikatakan oleh Dalang Udan E Lili Adi Sunarya, Giri Wangi 2, saat dikompirmasi dirumahnya Kp. Bojong Rt03/02 Desa Sukamukti Kecamatan Katapang Kabupaten Bandung. Sabtu 08/02/20.

Menurut Dalang Udan biarpun sudah jarang manggung, tapi rasa memiliki Seni Budaya Sunda Wayang Golek dalam dirinya terus bergema dan rasa ingin mengembangkan dan memajukan, namun hal ini tidak semudah membalikan tangan, perlunya ada kolaburasi dan dukungan dari seluruh unsur yang ada, untuk memajukan Seni Budaya Sunda Wayang Golek tersebut. "tuturnya.

Disisi lain mungkin Dalang Adang, "untuk tarif manggung dalang biasa ( belum tersohor) kira - kira berkisaran Rp. 15 juta, sementara untuk hiburan yang lain angkanya tidak segitu, tetapi kalau dulu orang hajatan selalu pakai seni budaya sunda khususnya Wayang Golek, namun sekarang belum tentu, adapun ada Wayang Golek hanya kalangan orang - orang tertentu, atau Pemerintahan yang menggelar kegiatan Seni Budaya Wayang Golek, untuk itu Dalang Udan berharap kedepannya ada regenerasi dalang yang meneruskan agar Seni Budaya Wayang Golek bisa, berkembang, maju dan terkenal baik di daerah, se Jawa Barat, Nasional maupun Ke tingkat Internasional (Manca Negara). "Pungkasnya.


Jurnalis.(D2N)
Editor: Ek

Tidak ada komentar