Breaking News

Bupati Ciamis Melalui Camat Cihaurbeuti Resmi Melantik dan Mengambil Sumpah Jabatan Asep Komarudin Sebagai PJS Kades Sumberjaya

Cihaurbeuti I Kab.Ciamis - Qjabar.com

Bertempat di Gor Sumberjaya Camat Cihaurbeuti telah melaksanakan prosesi pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan PJS kepala desa Sumberjaya. Dalam suasana yang bahagia dan penuh khidmat acara ini dihadiri Kapolsek, Danramil beserta anggota,kasi & Staf  kecamatan, BPD, LPM, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, MUI desa, Karang Taruna dan Perangkat desa serta tamu undangan, kamis,27/02/2020. Adapun PJS Kepala Desa yang dilantik adalah Asep Komarudin pada Subag Peng Administrasi Umum dan Kepegawaian kec.Cihaurbeuti sebagai Penjabat Kepala Desa Sumberjaya Kecamatan Cihaurbeuti. 

Kasi Pemerintahan kecamatan Ir.Entis Sutisna menyampaikan, Sesuai dengan amanat Undang – Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa dan Aparatur Pelaksanaanya. Pelantikan penjabat kepala desa ini dilaksanakan dengan maksud agar penyelenggaraan pemerintah, pelaksanaan pembangunan, pembinaan dan pemberdayaan kemasyarakatan ditingkat desa tetap berjalan normal sampai dengan pelantikan kepala desa definitif pada waktu yang akan datang.. Selain memiliki fungsi, tugas dan kewajiban serta hak yang sama dengan kepala desa, penjabat kepala desa juga mempunyai tugas khusus yakni memfasilitasi dan mensukseskan pemilihan kepala desa untuk periode 6 (enam) tahun kedepan. Hal tersebut sesuai dengan Peraturan Bupati Ciamis Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan, Pengangkatan dan pemberhentian Kepala Desa. Paparnya.

Sementara ditempat terpisah, camat Cihaurbeuti Drs.H.Erwin Hermawan berpesan kepada Penjabat Kepala Desa yang baru dilantik untuk bekerja sungguh – sungguh dan penuh tanggung jawab sesuai dengan fungsi dan tugasnya serta sesuai dengan Peraturan Perundang – Undangan yang berlaku. 

Sebagai unsur pemerintah hendaknya selalu bekerjasama dalam penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan dan pemberdayaan kemasyarakatan ditingkat desa. Penjabat kepala desa harus dapat menjalankan seluruh prosedur dan mekanisme pengelolaan keuangan desa agar lebih efektif, transparan dan dapat dipertanggung jawabkan secara baik dan benar sesuai dengan aturan yang berlaku. 

Serta menggalakkan upaya pemberdayaan seluruh komponen didesa agar terwujudnya kemandirian desa.

Akhir kata, Drs.H.Erwin Hermawan mengingatkan  kepada seluruh warga masyarakat  akan Pilkades serentak yang akan digelar pada tanggal 12 april 2020 yang dilaksanakan oleh 143 desa, tentang pentingnya menjaga Kesatuan dan Persatuan Bangsa dalam menjaga keutuhan NKRI. “Jadilah aparatur yang bijak dalam menyikapi isu – isu yang berpotensi memecah belah Kesatuan dan Persatuan Bangsa, mari kita wujudkan bersama Ciamis yang damai, adil dan sejahtera tanpa adanya perpecahan. Ucapnya. 

Penjabat Kepala Desa merupakan pejabat yang diangkat oleh pejabat yang berwenang yaitu Bupati atau pejabat lain yang ditunjuk oleh Bupati untuk melaksanakan tugas, hak dan wewenang serta kewajiban kepala desa dalam kurun waktu tertentu. Lahirnya Undang – Undang Desa mengubah kebijakan pengangkatan Kepala Desa yaitu harus berasal dari Pegawai Negeri Sipil sebagaimana dalam UU Nomor 6 Tahu 2014 tentang Desa Pasal 46 ayat (1) dan Pasal 47 ayat (1). BPD hanya menyampaikan laporan tentang kekosongan jabatan kepala desa. Sebagaimana Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 menjelaskan bahwa pengangkatan Penjabat Kepala Desa adalah untuk mengisi kekosongan jabatan Kepala Desa yang berhenti, baik karena meninggal dunia, atas permintaan sendiri maupun karena diberhentikan. Dalam rangaka mengisi kekosongan jabatan tersebut. Pungkasnya.

Usai pelantikan,pengambilan sumpah jabatan dan sertijab, Asep Komarudin kepada qjabar.com menyampaikan, ucapan terima kasih kepada seluruh hadirin yang turut menyaksikan moment ini, pasalnya menurut Asep Komarudin jabatan merupakan amanah dan semoga dirinya selama menjabat dapat mengemban amanat tersebut. Ucapnya.

Ia pun akan melanjutkan program kerja dan pembangunan yang sudah ada dan sedang berjalan serta akan senantiasa koordinasi dengan perangkat desa dan lembaga yang ada di desa, intinya akan membangun kerjasama dan menjalin sinergitas antar satu dengan lainnya. Katanya
Ditambah Asep Komarudin, semoga pengalamannya semenjak bergelut dipemerintahan desa dari tahun 2001 s.d 2015 dan  akhirnya diangkat ASN pada tahun 2015 s.d sekarang dapat dijadikan modal menuju masyarakat dan desa Sumberjaya sejahtera dan mandiri. Pungkasnya.


Jurnalis.(DIDI)
Editor: Ek

Tidak ada komentar