Breaking News

RS-RUTILAHU dari Kemensos RI Tahun 2019 di Desa Neglasari Disambut Baik Masyarakat

Salawu I Kab.Tasikmalaya - Qjabar.com

RS-RUTILAHU merupakan program dari kementerian sosial RI yang diperuntukan masyarakat tidak mampu yang mendapatkan program-program sosial seperti PKH, BPNT serta program sosial lainnya. Adanya bantuan atau program RS-RUTILAHU yang turun ke desa neglasari kec.salawu kabupaten tasikmalaya membuat kepala desa serta masyarakat merasa senang meskipun yang terlealisasi hanya 20 unit rumah yang mendapat bantuan tersebut. 

Menurut Sobirin kepala desa neglasari kec.salawu menjelaskan kalau dirinya serta masyarakat sangat menyambut baik adanya program RS-RUTILAHU karena dengan adanya bantuan tersebut masyarakat kurang mampu dapat merehab rumah atau tempat tinggal menjadi lebih layak lagi. 

"Saya selaku kepala desa sekaligus mewakili masyarakat yang mendapat bantuan tersebut merasa berterima kasih kepada pemerintah pusat yang sudah memberikan bantuan sehingga 20 unit rumah masyarakat bisa menjadi lebih baik dan layak" ungkapnya. 

Sobirin juga menambahkan kalau swadaya masyarakat di wilayah desa neglasari sangat baik dan mendukung, serta untuk masalah pemakaian bahan material bekas dirinya menjelaskan kalau itu merupakan swadaya karena masih layak pakai. 

Sementara Menurut Sekretaris Desa Neglasari Rukman saat diwawancara di ruang kerjanya menjelaskan bahwa program tersebut langsung dari Kementrian Sosial RI/ Pusat,  dulu memang kami mengajukan awal tahun atau Bulan Januari 2019, dan Alhamdulillah Bulan Desember 2019 ada realisasi. ucapnya

" Untuk penerima manfaat sendiri untuk yang tidak mampu, intinya yang menerima PKH dan BPNT tetapi yang benar benar tidak mampu" jelasnya 

Adapun yang menerima tersebut yang benar-benar layak menerima bantuan tersebut, karena program RS-RUTILAHU melalui Kelompok Masyarakat ( POKMAS ) sehingga pihak Desa hanya memonitor saja dalam penerapan program RS-RUTILAHU tersebut. tuturnya 

" Sasaran program sendiri bukan dari permohonan, tetapi berdasarkan hasil survei tim yang menilai layak atau tidak layaknya diberi bantuan, dan Program RS-RUTILAHU ini mengedepankan swadaya serta kekompakan gotong royong antar warga sehingga material yang masih layak pakai masih bisa dipergunakan " tandasnya.  


Jurnalis.(Win/mar.)
Editor: Ek

Tidak ada komentar