Breaking News

Reforestasi Wayang Windu Pangalengan

Pangalengan I Kab Bandung - Qjabar.com

Kegiatan Reforestasi Wayang Windu merupakan Penanaman pohon disekitar hutan Pangkuan yang berada di gunung wayang Pangalengan dengan Luas Lahan sepuluh  hektar, Penanaman tersebut dilakukan oleh Para Petani Hutan , Kapolsek, Camat pangalengan, Para Kepala Desa, LMDH, pelajar, perwakilan New star Energy , Dan para tamu undangan lainnya lokasi penanaman tersebut berada di Desa Sukamanah Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung (29/1/2020). 

Dikatakan Ketua LMDH Kustiwa Adinata ( Abah Usep) kegiatan ini merupakan seratus persen inisiatif lokal dari teman-teman Petani , Ada sekitar 40 varietas yang akan ditanam di seputaran gunung wayang. 

Sedangkan tujuan dari kegiatan penanaman diharapkan para Petani bisa bercocok tanam disekitar Hutan wayang Dan juga bisa menjaga hutan tersebut dan juga adanya rasa tanggung jawab  untuk selalu menjaga ke asrian hutan tersebut . 

Tanaman yang telah disebar disekitar Hutan wayang merupakan tanaman menguntungkan bagi para petani hutan seperti, ki Amis, Saninten, Salam, terong kori Dan lainnya itu semua mempunyai nilai ekonomi yang bisa menguntungkan bagi para Petani. 

Di lokasi penanaman tersebut juga Ada sekolah Alam yang bisa memberikan edukasi kepada masyarakat bagaimana kita bisa mencintai alam. 

Ditambahkan Kepala Desa Sukamanah Asep Hasanudin ,selain penanaman pohon di lokasi gunung wayang sendiri terdapat obyek wisata yang akan dikembangkan, berupa kawah gunung wayang yang menghasilkan air panas Dan spot selpi yaitu saung panenjoan yang bisa melihat panorama matahari tengelam diantara dua wilayah , kecamatan Arjasari dan Kec Pangalengan.

nantinya pengelolaan obyek wisata tersebut di kelola oleh Bumdes Desa Sukamanah, dengan harapan menambah Pendapatan Asli Desa ( PAD ) serta peningkatan ekonomi masyarakat sekitar .


Jurnalis.(Yun.s)
Editor: Ek

Tidak ada komentar