Breaking News

PKH Kecamatan Cihaurbeuti Giat Laksanakan Bhakti Sosial Berupa Donor Darah

Cihaurbeuti I Kab.Ciamis - Qjabar.com

Antusias warga masyarakat desa Sukamulya melalui Koordinator PKH Kec.Cihaurbeuti memadati Aula desa Sukamulya guna mendonorkan darah dan membantu sesama. Selasa,21/01/2020.

Dalam kesempatan tersebut dihadiri Camat Cihaurbeuti, Kasi PMD dan staf kecamatan, perangkat desa, PKH ,Babinmas ,Babinsa, Kader PKK dan unsur lainnya.

Pasalnya,masyarakat sudah memahami Manfaat donor darah tidak hanya dirasakan oleh penerimanya saja, tetapi juga pendonor. Dengan melakukan donor darah secara rutin, pendonor juga bisa mendapatkan berbagai manfaat kesehatan, melakukan donor darah dapat melepaskan stress, hingga membakar kalori. 

Elin Carlin Koordinator PKH menuturkan kepada qjabar, Melalui PKH kec.Cihaurbeuti bekerjasama dengan PMI Kab.Ciamis diharapkan dapat membantu warga masyarakat bukan hanya bidang pemberdayaan dan ekonomi akan tetapi PKH Kec.Cihaurbeuti turut andil dibidang kesehatan masyarakat salah satunya melalui donor darah, "terangnya.

Selain itu, pendonor sekaligus bisa cek atau tes kesehatan untuk mengetahui kondisi kesehatan pendonor saat ini. Hal ini untuk menghindari masalah kesehatan yang dapat dialami oleh pendonor maupun penerima darah.

 Sebelum melakukan donor darah, seorang pendonor harus memenuhi beberapa kriteria tertentu. Kriteria ini dibuat untuk mengurangi risiko kesehatan tertentu yang bisa terjadi pada pendonor maupun penerima. Syarat dan Ketentuan Donor Darah dari Palang Merah Indonesia, "tuturnya.

Tidak hanya itu Elin Carlin menghaturkan terima kasih kepada  seluruh warga masyarakat Cihaurbeuti khususnya warga masyarakat desa Sukamulya yang begitu antusias dan turutserta mensukseskan program tersebut,semoga menjadi amal kebaikan bagi kita sekalian. Pungkas Elin Carlin.
Hal senadapun disampaikan Camat Cihaurbeuti Drs.H.Erwin Hermawan, "tugas pemerintah bukan hanya melayani bidang pemdidikan,sosial,agama dan lainnya, akan tetapi kesehatan masyarakatpun perlu kita utamakan, salah satunya melalui donor darah, pihaknya bekersama dengan PKH kec.Cihaurbeuti melaksanakan hal tersebut dari desa ke desa ,salah satunya bertujuan guna menjalin kerjasama dan menjalin kemitraan, hal ini sangat membantu dan lebih efisien mengumpulkan masyarakat dan pendonor darah. 

Intinya kami ingin memberdayakan kesehatan masyarakat,pasalnya hal tersebut dilakukan secara gratis dan manfa'atnya bisa berbagi serta menolong bagi orang-orang yang membutuhkan darah. Disamping itu,kita bisa melakukan pengecekan serta mendeteksi ada dan tidak adanya penyakit menular di masyarakat. Pungkasnya.


Jurnalis.(Didi)
Esitor: Ek

Tidak ada komentar