Breaking News

Lokakarya Mini Tribulanan Puskesmas Baregbeg "Evaluasi Kinerja PKM Baregbeg th 2019”

Baregbeg I Kab.Ciamis - Qjabar.com

Puskesmas Baregbeg mengadakan Lokmin tri dalam rangka mengevaluasi kinerja pkm baregbeg th 2019, Bersama Camat kecamatan Baregbeg, unsur muspika, Kepala desa dan perwakilan kader yg berada di wil kerja kec Baregbeg. Senin 06/01/2020.

Acara Lokmin tri ini langsung dipimpin oleh Bapak H. Edi Yulianto selaku Camat kecamatan Baregbeg, didampingi oleh Gurlia Bayurini.,Apt, MM selaku Kepala Puskesmas baregbeg dan pelaksanaan nya bertempat di Aula kecamatan baregbeg.

Secara keseluruhan dilihat dari capaian indikator prog SPM periode bulan januari s/d desember 2019, ada 2 indikator yg belum memenuhi target capaian yaitu : 
1. Prog TB —-> untuk penemuan kasus suspek TB. Puskesmas sudah melakukan tindakan upaya utk menaikan capaian yaitu dengan pembentukan kader peduli tb, kegiatan ketuk pintu , kontak erat dan pendampingan PMO.

2. Prog PTM —>deteksi dini faktor risiko PTM.
puskesmas baregbeg telah melaksanakan deteksi dini faktor risiko PTM periode 2019 di 5 desa yg berada di wil kec baregbeg yaitu ds. Saguling, ds. Sukamulya, ds.petirhilir, ds. Mekarjaya dan ds. Sukamaju.

Sebanyak 2500 orang sudah dilakukan skrining dan didata baik secara online dan offline. Utk prog PTM di 2020 akan difokuskan pada pemeriksaan IVA tes dan sadanis.

Untuk isu kesehatan lainnya seperti stunting, AKI/AKB, puskesmas lebih didorong untuk melakukan tindakan promotif dan preventif seperti Gerakan Masyarakat berprilaku hidup sehat.Dan jika ini digalakan mudah2an bisa menekan angka stunting, AKI/AKB serta mencegah masyarakat sakit.

Perlu diketahui bersama, bahwa masalah kesehatan bukanlah milik orang kesehatan saja, sudah saatnya semua ikut bertanggung jawab, bekerjasama dalam mencapai satu tujuan bersama menjadikan masyarakat Baregbeg sehat. 

- Gurlia Bayurini.,Apt, MM-(D2)
Editor: Ek

Tidak ada komentar