Breaking News

Kunker Menteri Kelautan Dan Perikanan Ke Desa ParungSerab dalam Rangka Dialog Dengan para pembudidaya ikan

Soreang | Kab.Bandung - Qjabar.com

Menteri kelautan dan perikanan Edhy prabowo dalam kunjungan kerjanya ke Desa parungserab kecamatan soreang, Secara langsung mengadakan dialog dengan pembudidaya ikan yang ada di kabupaten Bandung, Hadir pula Wagub jabar, Bupati Bandung Dadang M Naser, Kadis perikanan Kab.Bandung,  ketua DPRD jawabarat,100 kelompok pebudidayaan ikan dan para tamu undangan lainnya. 

Menteri kelautan dan perikanan Edhy prabowo mengatakan, "budidaya ikan yang ada di kabupaten bandung merupakan potensi yang dapat Meningkatkan perekonomian rakyat, kabupaten bandung akan mendapatkan cool storage  sebanyak 200 unit dan ice plate untuk membantu para peternak ikan. Diharapkan kabupaten bandung menjadi pioner bagi kabupaten Bandung dalam mengembangan pembudidayaan ternak ikan. 

Saat ini banyak Permasalahan dalam hal pakan untuk ikan, Baik ikan lele, Patin, ikan mas, dan ikan lain, sehingga pihak kementerian ikan dan kelautan harus mencari solusi agar para pembudidayaan ikan terus menjalankan ternaknya. selain dari pakan konsentrat bisa juga mengunakan pakan dari magot ( sendiri adalah belatung Black Soldier Fly (BSF) yang masih termasuk dalam keluarga lalat. Maggot memakan sampah organik seperti berbagai macam sisa makanan).

Maka dalam hal ini, Edhy Prabowo sangat berharap para pembudidaya ikan menggunakan Magot yang berasal dari belatung Black Soldier Fly (BSF) yang masih termasuk dalam keluarga lalat. Maggot sendiri, dibudidayakan oleh kelompok pembudidaya dari tasikmalaya. Dan hasilnya pun sangat baik untuk pertumbuhan ikan itu sendiri." jelasnya

Masih kata Edhy Prabowo, pihaknya akan terus melakukan Monitoring ketiap daerah guna memastikan kelompok pembudidaya ikan tetap beraktivitas dan juga menerima aspirasi serta keluhan dari kelompok tentang permasalahan bantuan sarana dan prasarananya. 

"Juga kementerian kelautan dan perikanan akan siap memberikan bantuan lagi kepada para kelompok pembudidayaan ikan melalui Dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan jumlah Uang 200 sampai 500 juta bagi para kelompok, Dengan kriteria memenuh syarat pengajuannya yang sudah ditentukan menurut aturan.

Saat yang sama Bupati bandung menambahkan, Bahwa pembudidayaan ikan yang ada di kabupaten Bandung tersebar di 8 wilayah yang berjumlah 1000 Ha untuk budidaya ikan. Hal ini memang menjadi program pemda kabupaten Bandung yang mengharuskan masyarakatnya untuk selalu mengkonsumsi ikan, Walau wilayah kabupaten Bandung tidak mempunyai laut namun saat ini telah tersedia Pasar IKan Modern yang siap memenuhi kebutuhan masyarakatnya.

Lanjut Bupati Bandung, Mengkonsumsi ikan secara teratur akan meningkatkan stamina tubuh yang kuat, Stabil dan juga mencegah Stanting, karena ikan merupakan salah satu hewani yang proteinnya tinggi." Paparnya 

" Saya berharap kunjungan kerja menteri kelauatan dan perikanan menjadi Motivasi dan serta jawaban dari setiap masalah tentang permodalan, dan bantuan lainnya bagi para kelompok pembudidayaan ikan di kabupaten Bandung.


Jurnalis.(Yun's)
Editor: Ek

Tidak ada komentar