Breaking News

Bawaslu Fokus Pengawasan Kepada ASN, Kades Dan Politik Uang Jelang Pilbup 2020

Soreang I Kab Bandung - Qjabar.com

Bawaslu Kabupaten Bandung pada kesempatan  acara “Ngawangkong Bari Ngopi 2020 Sabilulungan” di Taman Uncal Komplek Pememerintah Kabupaten Bandung di Soreang, Jumat (17/1/2020).

Netralitas aparatur sipil negara dan para kepala desa jadi fokus pengawasan Bawaslu Kabupaten Bandung dalam gelaran Pilkada tahun ini. Juga termasuk money politik akan terus diawasi.

Dikatakan Januar ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bandung menyatakan, netralitas aparatur sipil negara (ASN), para kepala desa dan money politik menjadi fokus pengawasan dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Bandung 23 September 2020 mendatang.

Tetapi selama ini, ASN belum pernah yang dipidana. Artinya, pencegahan berjalan dan ASN harus netral. "Fokus pengawasan Bawaslu, yakni netralitas ASN, kepala desa dan money politik," . 

Januar pun menambahkan, pihaknya sudah menyiapkan 93 kader pengawasan yang sebelumnya melewati pendidikan di sekolah kader pengawasan. Mereka tersebar di 31 kecamatan berdasarkan pada jumlah daftar pemilih tetap. "Sebanyak 93 kader pengawasan itu untuk pendidikan politik dan pencegahan pelanggaran pilkada," kata Januar.


Jurnalis.(Yun.s)
Editor: Ek

Tidak ada komentar