Breaking News

Tingkatkan Kualitas Petani Kopi, Pemdes Sukamanah Giat Lakukan Pelatihan Tanaman Kopi

Sindangkasih I Kab.Ciamis - Qjabar.com

Bertempat di Aula desa Sukamanah kec.Sindangkasih, pemdes Sukamanah melaksanakan pelatihan budidaya tanaman kopi, Senin,30/12/2019. 

Dalam kesempatan tersebut dihadiri Camat Sindangkasih, Kabid DPKP kab.Ciamis, kelompok tani dan warga lainnya. 

PJS Kepala  desa Sukamanah Drs.Duki Hendaryana kepada Qjabar menuturkan, "bahwa kegiatan tersebut merupakan rangkaian agenda kerja bidang pemberdayaan masyarakat bersumber dari Dana Desa (DD) tahap III Tahun 2019 diikuti 35 orang peserta yaitu warga masyarakat dan kelompok tani, terdiri dari dusun Cisingkah, Sukamanah dan Cihurip. 

Pasalnya di desa Sukamanah memiliki lahan hutan sekira 107 Ha,merupakan lahan produktif buat tanaman kopi dan sampai dengan saat  ini baru tertanam 35 %, baik ditanam secara perseorangan maupun kelompok. "Paparnya.

Drs.Duki Hendaryana berharap, program ini dapat dilaksanakan dengan baik, guna menambah motifasi dan wawasan ilmu budidaya tanam kopi yang berkualitas dan menghasilkan kopi terbaik. 

Pelatihan ini pun terbagi dalam 2 sesi, sesi pertama disampaikan DPKP kab.Ciamis Ir.H.Heri Sunarya kabid Holtikura dan Perkebunan serta dilanjutkan pada praktek tata cara tanam kopi yang baik dipandu langsung mitra pendamping desa. "Pungkasnya

Sementara Camat Sindangkasih Ono Rohana,S.E,MM menambahkan, "bahwa budidaya kopi merupakan usaha yang menjanjikan,bisa merubah kehidupan lebih layak dan menambah penghasilan ekonomi keluarga. 

Tentunya hal tersebut dapat tercapai manakala memiliki bekal dan ilmu yang mumpuni. Intinya desa Sukamanah harus menjadi sentra kopi untuk kab.Ciamis barat. Bahkan menurut Dia, dirinya telah melakukan peninjauan langsung dan turun kelokasi lahan kopi yang ada didesa Sukamanah,
"Tuturnya

Tidak hanya itu Ono Rohana,S.E,MM berharap, hasil dari pelatihan tersebut dapat ditelorkan ke warga masyarakat lainnya. Tanam kopi bisa saja kita lakukan tumpang sari dengan tanaman lainnya,seperti rinu,pedes dan lainnya,agar mendapat hasil dari tanaman lainnya.

Akhir kata Ono Rohana,SE,MM memberikan waktu dan kesempatan kepada nara sumber dari DPKP kab.Ciamis Ir.H.Heri Sunarya Kabid. Holtikura dan Perkebunan guna memberikan ilmu dan berbagi pengalaman kepada seluruh peserta yang hadir.

Tujuannya adalah untuk menambah wawasan dan keilmuan juga memberikan motivasi dan spirit sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas dan produksi kopi yang baik. "Pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut Ir.H.Heri Sunarya sebagai Nara Sumber, bercerita dan berbagi pengalaman kepada seluruh peserta yang hadir, intinya budidaya kopi sangat menjanjikan dan Indonesia merupakan produk kopi ke 4 tingkat dunia, mampu memberikan kontribusi devisa negara,membuka lapangan kerja dari hulu ke hilir,baik mulai dari tanam,pengolahan sampai pemasannya. "Tuturnya.

Bahwa di era kepemimpinan Bupati sekarang kopi merupakan produk unggulan di kab.Ciamis setelah padi,jagung dan cabai. Kopi Ciamis salah satu produk kopi terbaik di Jawa Barat, "paparnya.

Bahkan H.Heri menguatkan Kopi Ki Oyo merupakan kopi robusta Ciamis mampu bersaing dengan lainnya dan kopi ki oyo merupakan warisan dari sang ayah yang kian digandrungi semua kalangan. Berbekal pengalaman dan warisan sang ayah berupa lahan 3 Ha yang ditekuninya mampu mensejahterakan keluarga dan membuka lapangan pekerjaan. "Pungkas Ir.H.Heri Sunarya


Jurnalis.(Didi)
Editor: Ek

Tidak ada komentar