Breaking News

Petugas Upacara Peringatan Hari Ibu ,HBN,HKSN dan HPN di Cihaurbeuti Seluruhnya Kaum Ibu

Cihaurbeuti I Kab.Ciamis - Qjabar.com

Pada tahun 1938 kongres perempuan Indonesia di Bandung menyatakan bahwa tanggal 22 Desember sebagai Hari Ibu,selanjutnya dikokohkan oleh pemerintah dengan KEPRES thn 1954 yang menetapkan bahwa Hari Ibu tanggal 22 Desember merupakan Hari Nasional dan bukan hari libur.

Peringatan Hari Ibu dimaksudkan untuk senantiasa mengenang seluruh rakyat Indonesia terutama generasi muda,akan makna hari ibu sebagai hari kebangkitan dan persatuan serta kesatuan perjuangan kaum perempuan yang tidak terpisahkan dari kebangkitan perjuangan bangsa.

Dalam upacara bendera Peringatan Hari Ibu ke-91 tahun 2019,Hari Bela Negara ke 71, Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional dan Hari Pangan sedunia, yang digelar ke.Cihaurbeuti kab.Ciamis pada Senin (23/12/2019), di Halaman desa Cihaurbeuti.
Kegiatan tersebut dihadiri unsur Muspika,TNI/Polri dan para tamu undangan yang sebagian besar peserta upacara menggunakan pakaian adat atau pakai daerah, terdapat hal unik lainnya, yaitu seluruh petugas upacara, termasuk komandan upacara dan inspektur upacara, dilaksanakan oleh kaum ibu atau kaum perempuan. 

Dalam upacara tersebut, bertindak sebagai Inspektur Upacara, Dra.Nike Sopiah,M.Pd, sekaligus. Pada kesempatan tersebut, Dra.Nike Sopiah,M.Pd membacakan sambutan Bupati Ciamis. 

Bupati menyampaikan, bahwa upacara Peringatan Hari Ibu mengingatkan tentang perjuangan kaum perempuan Indonesia yang telah menempuh proses yang sangat panjang dalam mewujudkan persamaan peran dan kedudukannya, dengan kaum laki-laki.

"Mengingat keduanya merupakan sumber daya manusia yang sama-sama berpotensi dan turut menentukan keberhasilan pembangunan." kata Bupati.

Bupati juga mengatakan, "bahwa hakikat dari Peringatan Hari Ibu juga mengingatkan seluruh rakyat Indonesia, terutama generasi muda, tentang arti dan makna Hari Ibu sebagai sebuah momentum kebangkitan bangsa, penggalangan rasa persatuan dan kesatuan serta gerak perjuangan perempuan yang tidak dapat dipisahkan dari sejarah  perjuangan bangsa Indonesia. 

Tema "Peringatan Hari Ibu ke 91 adalah Perempuan Berdaya,Indonesia maju yang dibangun dengan melihat situasi dan kondisi bangsa Indonesia yang masih mengalami kekerasan,perlakuan diskriminatif dan lainnya. 

Kondisi tersebut memerlukan berbagai strategi,pelibatan semua unsur masyarakat dan multisakeholder sangat diperlukan termasuk peran laki-laki dalam kampanye yang mendukung pencegahan kekerasan dan pencapaian kesetaraan gender. 

Tidak hanya itu,Peringatan Bela Negara pun, Bupati mengajak kita semua untuk belajar dari sejarah perjuangan bangsa dan mari kita isi kemerdekaan ini sebagai modal dasar kerja bangsa di segala bidang. Serta senantiasa bersyukur atas anugerah kemerdekaan,persatuan dan kesatuan kita dengan aksi nasional bela negara diberbagai bidang, "katanya

Lebih lanjut Bupati Ciamis mengingatkan,dengan Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional guna mengenang,menghayati dan melakukan aksi dengan semangat persatuan dan kesatuan. 

Terlebih lagi mari kita Peringati Hari Pangan Se Dunia (HPS) sebagai sebuah momentum yang tepat guna memperkokoh komitment semua pihak dalam penyediaan pangan yang cukup dan terjangkau bagi seluruh masyarakat dan jaminan kesejahteraan bagi pelaku usaha hal tersebut selaras dengan Tema HPS Kab.Ciamis tahun 2019 yaitu "Pengembangan Pangan Lokal menuju ketahanan pangan demi mantapnya kemandirian ekonomi di Kab.Ciamis. "Pungkasnya.


Jurnalis.(Didi)
Editor:Ek

Tidak ada komentar