Breaking News

ORARI Kembali Berperan Pada Calendar of Event Disparbud 2020

Kab. Bandung - Qjabar.com

Kemajuan di bidang teknologi komunikasi begitu pesat sehingga luasnya dunia menjadi seperti tak berjarak. Namun, sejarah mencatat bahwa peran Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) boleh disebut sebagai alat komunikasi pertama yang memiliki peran besar dalam komunikasi pertama antara dua negara, Indonesia dan Belanda.

Karenanya, Pemerintah Kabupaten Bandung, dalam hal ini Dinas Pariwisata (Disparbud) memasukan Festival Gunung Puntang Hallo Bandung Netherland (ORARI) kedalam Kalender Event Disparbud tahun 2020.Atas kalender event Disparbud ini, H. Dadan Konjala, SH yang aktif di ORARI sejak tahun 1983 mengaku bangga.

“Alhamdulillah Disparbud memberi perhatian terhadap sejarah, khususnya peran ORARI,” kata Dadan saat menghadiri Launching Calendar of Event dan peresmian Gedung Pusat Informasi Pariwisata Kabupaten Bandung tahun 2019 di Gedong Budaya Sabilulungan, Jum’at (26/12/2019).

Dadan Konjala mengaku, aktif di ORARI Jabar dan menjadi Ketua ORARI Kabupaten Bandung sejak 1999-2009, setelah menjadi anggota DPRD Kabupaten Bandung ia mengurangi kegiatan di ORARI, namun tetap eksis. Hanya kepengurusan dipasrahkan kepada generasi berikutnya.Sampai saat ini anggota Orari ada 350 orang. Menurut anggota Komisi C DPRD Kabupaten Bandung ini, komunikasi di ORARI tidak sekedar cuap-cuap hobi.

“ORARI itu cadangan nasional di bidang komunikasi. Setiap ada bencana ORARI selalu berkomunikasi. Karena teknologi sudah canggih, ORARI jadi seolah tenggelam. Namun, sejarah tetap mencatat ORARI pernah berperan besar dalam komunikasi,” pungkas Dadan Konjala yang akrab disapa Abah Deka ini 



Jurnalis.(Yun.s)
Editor: Ek

Tidak ada komentar