Breaking News

Moyet lapar Turun Gunung Merusak Tanaman Warga Nanggewer

Pagerageung IKab.Tasikmalaya - Qjabar.com

Di kampung nyalenghor desa nanggewer kecamatan pagerageung kabupaten tasik malaya di gegerkan sekolompok monyet lapar yang turun gunung dari gunung ciguntur dan pasir gosong yang merusak tanaman dan palawija yang ada di kebun warga. Senin 09/12/2019.

Pihak Danramil 1206,/pagerageung kapten INF Heri sapari ,serta babinsa desa nanggewer Serda Kamaludin beserta kepala desa setempat, langsung mendatangi lokasi untuk menyisir lahan bersama warga yang mana lahan telah rusak oleh moyet (Kera).

Menurut Endang Sunarli sebagai kades nanggewer mengatakan, "bahwa datang nya orang Baduy ini sangat diperlukan karna menurut impo, orang Baduy ini bisa mengusir monyet monyet ini yang merusak tanaman warga .

Sekarang lagi diadakan pengusiran atau pemburuan secara tradisional bersama masarakat di area gunung ci guntur kepunduhan nanggewer ,jelasnya.

"Mudah mudahan setelah ada nya pengusiran atau pemburuan  monyet monyet tersebut tidak akan kembali lagi dan tidak merusak tanaman warga seperti jagung ,singkong ,ubi dan masarakat bisa tenang dan aman dalam bercocok tanam tidak di ganggu oleh monyet lapar yang turun dari gunung , "ucapnya.
 
BKSDA yang datang langsung ke desa dengan menyerah kan ke kades ,untuk BKSDA sudah memfasilitasi dan Silah kan bawa orang Baduy ini sebagai pawang monyet yang bisa mengusir atau mengembalikan ke tempat monyet asal nya.

Ditempat yang sama menurut Danramil 1206/pagerageung kapten IMf Heri sapari mengatakan, "kami dari pihak danramil sudah mendampingi masarakat dan membantu untuk mencegah monyet monyet ekor panjang yang merusak tanaman warga tersebut, "imbau nya

Mudah mudahan untuk kedepan nya monyet monyet lapar itu jauh dan balik ketempat dimna asal nya berada.

Danramil pun memerintahkan kepada babinsa Serda Kamaludin untuk menghimbau dan berharap kepada pemerintah membutuhkan untuk mencegah monyet agar tidak bisa balik lagi ketempat lahan warga, "pungkasnya.


Jurnalis.(HB)
Editor: Ek

Tidak ada komentar