Breaking News

Masa Liburan Sebentar Lagi, BMH Akan Adakan Khitanan Barokah

Kab. Bandung Barat - Qjabar.com

Khitan atau dalam bahasa Arab adalah Khatnun yang artinya memotong bagian depan. Menurut istilah Khitan yaitu memotong kulup (kulit bagian depan kelamin laki-laki) yang kulup tersebut merupakan tutup kepala zakar supaya kelamin laki-laki tidak mudah terpapar kotoran sisa air seni yang menempel di kelamin dalam itu. Rabu 18/12/2019.

Hukumnya wajib untuk ummat Islam, sehingga tidak sedikit acara khitanan ini suka di rayakan dengan membuat pesta, atau syukuran oleh orang tua dari anak yang di khitan, untuk memaknai syi’ar Islam dan keberkahan secara bersamaan, BMH memanfaatkan waktu liburan dan akhir tahun dengan mengadakan acara khitanan barokah.

BMH sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional Baitul Maal Hidayatullah telah mengadakan acara ini yang ke 5 kali, yang sebelumnya di adakan di Daerah  Garut pasca bencana banjir Bandang, dan untuk tahun ini akan di adakan di Daerah Kab. Bandung Tepatnya  di Masjid Baiturrahman – Hidayatullah Cilengkrang Jl. Ciwaru Wetan No. 1a Rt. 01 Rw.04 Desa Cilengkrang Kec. Cilengkrang Kab. Bandung dari Target 50 peserta kini yang daftar sudah 54 orang melihat antusiannya para peserta, Mandiri Amal Insani (MAI) sebagai salah satu mitra program mendukung penuh dengan mendonasikan anggarannya hingga Rp. 50.000.000.

Hal ini menjadi bukti bahwa program BMH di Percaya oleh masyarakat, agendanya acara yang akan dilaksanakan pada hari selasa, 24 Desember 2019, mengambil tema Khitanan Berkah Syar’I, Health & Fun.

Berdasarkan literasi yang ada bahwa khitanan ini memberikan manfaat yang sangat banyak diantaranya. Khitan/Sunat akan mempengaruhi kesuburan pria karena kelamin lebih bersih menjadikan sperma yang keluar tidak terkontaminasi kotoran yang bisa jadi terkandung penyakit dari sisa-sisa air kencing. 

Khitan/sunat menjadikan laki-laki lebih mudah mencuci dan membersihkan bagian intimnya, sehingga kebersihannya tetap dijaga. Sedangkan laki-laki yang tidak disunat, akan susah untuk menjaga kebersihan area genitalnya sebab terdapat kulup yang menutupi. 

Khitan atau sunat bisa menurunkan risiko infeksi saluran kemih. Khitan atau sunat bisa mengurangi risiko infeksi penyakit menular seksual serta HIV AIDS.

Khitan atau sunat bisa untuk pencegahan adanya masalah fungsi penis karena kulup pada penis yang tidak di khitan kadang-kadang susah ditarik ke atas (fimosis). Hal ini mengakibatkaan peradangan di kulup atau kepala penis.

Khitan atau sunat juga bisa menurunkan risiko kanker penis dan wanita yang mempunyai pasangan pria yang sudah dikhitan mempunyai risiko kecil untuk terserang kanker serviks.

"Untuk memudahkan para orang tua yang ingin mengkhitan anak anaknya dan sebagai bentuk kepedulian BMH terhadap para Guru Ngaji dan Buruh di Daerah rencana BMH akan Rutin mengadakan acara Khitan Barokah ini di Berbagai Daerah di Jawa Barat yang akan di sinergikan dengan pondok pesantren Hidayatullah.

"Harapan dari Panitia semoga acara khitanan barokah tahun ini bisa berjalan dengan baik, lancar, aman, selamat dan sukses serta penuh keberkahan. "Pungkasnya.


Jurnalis.(A Juhana)
Editor: Ek

Tidak ada komentar