Breaking News

Kades Sukajaya Uju Jumadi, Pengelolaan Sampah Menjadi Program di Tahun Pertama

Raja Desa I Kab Ciamis - Qjabar.com

Bertempat di lapang volly Sukajaya Desa Sukajaya Kecamatan Raja Desa,jum'at 27 Desember 2019 Bupati Ciamis H Herdiat Sunarya melantik Uju Jumadi sebagai Kepala Desa Sukajaya.

Sebagai program tahun pertama usai dilantik,Uju Jumadi selaku Kades Sukajaya akan berbenah di bidang pengelolaan sampah,yang mana sampah sampah yang biasa berserakan akan disulap menjadi salah satu yang bernilai ekonomis, "ungkapnya, Minggu 29 Desember 2019

"Mengapa saya memandang pengelolaan sampah itu sangat penting"karena saya melihat di setiap lingkungan itu sangat bermasalah dengan sampah yang diakibatkan kurangnya kesadaran masyarakat dalam membuang sampah yang sembarangan sehingga sampah berserakan di mana mana.

Maka dari itu,saya memprogramkan di tahun pertama akan membangun tempat tempat sampah di tiap Dusun atau Rt dan juga tempat pengolahan dan pemilahan sampah organik dan non organik yang nantinya akan bernilai  ekonomis. Ujarnya

Untuk pemasaran hasil pengolahan sampah organik yang sudah menjadi pupuk kompos( organik),nantinya akan dijual kembali ke masyarakat dan umum dengan harga jual yang terjangkau oleh warga.

Selain sampah organik,sampah non organiknya akan dikumpulkan dan dijual ke pengepul.

Terkait pengelolaan sampah sendiri,pihak Pemerintah Desa akan membuat Bank Sampah yang akan dikelola oleh pengurus Rt dan warga setempat.

Saya berharap dengan dibukanya Bank sampah ini mampu membuka lahan pekerjaan bagi masyarakat setempat sehingga bisa meningkatkan ekonomi masyarakat.

Selain membuka lahan pekerjaan,pengelolaan sampah ini diharapkan mampu meningkatkan PADesa Sukajaya. Harapnya



Jurnalis (D2)
Editor:Ek

Tidak ada komentar