Breaking News

Disdukcapil Kota Tasikmalaya, Kerjasama Dengan RSUD Dr Soekarjo, Luncurkan Aplikasi Baru Integritas Database Kependudukan

Kota Tasikmalaya - Qjabar.com

Sebagai upaya memaksimalkan pelayanan Rumah Sakit kepada masyarakat, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tasikmalaya bekerjasama dengan Rumah Sakit Umum(RSU )dr.Sukarjo luncurkan Aplikasi baru yaitu Integritas Database Kependudukan untuk memberi pelayanan yang maksimal kepada calon pasien yang masuk ke RSU dr.Sukarjo.Program tersebut telah disahkan oleh Walikota tasikmalaya Drs.Budi Budiman di Aula RSU,jalan Dr.Sukarjo Kota Tasikmalaya.Senin(30/12/2019).

Kepala Disdukcatpil Kota Tasikmalaya Imih Misbahul Munir mengatakan, melalui Program aplikasi baru yang telah diterapkan di RSU dr.Sukarjo, masyarakat Kota Tasikmalaya yang akan berobat atau rawat inap sekarang cukup dengan membawa KTP,lalu nama sesuai KTP dan Nomor Induk KTP. Program tersebut sebagai kebijakan pelayanan publik yang diluncurkan oleh Disdukcapil untuk RSU.dr.Sukarjo. 

"Masyarakat yang akan berobat atau mau rawat inap,sekarang cukup menggunakan KTP,lalu operator Rumah sakit akan langsung mengaplod nama dan NIK pasien melalui aplikasi itu,sehingga calon pasien tidak lama menunggu di ruang darurat."Ujarnya. 

Sementara dr.H.Wasisto Hidayat M.Kes mengatakan, "Disdukcapil Kota Tasikmalaya telah  memberikan kemudahan pelayanan pada masyarakat. Kerjasama diwujudkan dalam bentuk terkoneksinya data kependudukan dengan pihak RSU,data kependudukan sangat diperlukan oleh RSUD dr.Sukarjo."Ini karena sering dijumpai ada pasien yang ketika ditanya, ternyata memiliki dua data atau harus mencatat alamat yang lengkap. 

Hal tersebut cukup menyulitkan dan menghambat proses penanganan calon pasien yang ingin berobat atau mau rawat inap. Melalui kerjasama dengan Disdukcapil, maka akan ada banyak manfaat. Seperti akses mendapatan nomer induk kependudukan (NIK), sehingga data rekam medis dari pasien mudah ditemukan dan pasien tidak akan menunggu berjam-jam di ruang UGD,'' katanya.

Walikota Tasikmalaya Drs.Budi Budiman mengapresiasi kerjasama tersebut sehibgga kedepannya pasien yang akan berobat ke RDU dr.Sukarjo tidak menumpuk di loket pendaftaran sehingga dengan adanya aplikasi ini mempercepat proses pendaftaran,"dengan data-data yang didapatkan dari Disdukcapil, maka juga akan memudahkan data-data lainnya. Seperti data rekam medis, kelahiran sampai kematian yang terjadi pada masyarakat."Pungkasnya.

Jurnalis : (dan)
Editor: Ek

Tidak ada komentar