Breaking News

Ketum MOI Rudi Sembiring, Hasil Rakernas Kerjasama Dengan Dewan Pers dan PWI Untuk Lakukan Uji Kopetensi Wartawan (UKW)

Jakarta Selatan - Qjabar.com 

Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Perkumpulan Media Online Indonesia (MOI) yang digelar beberapa waktu yang lalu di Konvention Hall Kemensos Kalibata Jaksel, selain merekrut keanggotaan, juga telah menghasilkan satu keputusan bersama bahwa MOI kedepan bekerjasama dengan Dewan Pers (DP) termasuk dengan seluruh wadah wartawan yang diantaranya dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) untuk melakukan kegiatan Uji Kopetensi Wartawan (UKW), ucap Ketua Umum MOI Rudi Sembiring Meilala dihadapan 20 Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) MOI dari 34 Provinsi di Indonesia.

Dikatakan Rudi selaku Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (Ketum DPP) MOI ini merupakan wadah perusahaan Media Online melakukan kerjasama PWI dan wadah wartawan yang lainya itu bertujuan supaya para wartawan dalam menjalankan fungsinya lebih profesional, sebab UKW juga merupakan salah satu kewajiban bagi awak media ikuti.

Setelah Rakernas ini Rudi menegaskan kepada pengurus DPW MOI langsung melakukan kordinasi dengan Pengurus PWI Provinsi masing-masing untuk melaksanakan UKW, kesempatan itu diberi waktu 3 bulan kedepan kepada pengurus DPW MOI sudah direalisasikan, jika Pengurus DPW MOI tidak mampu silahkan minggir, ancamnya.

Bukan hanya itu lanjut Rudi, untuk mencapai target 1000 anggota MOI tahun 2020 diminta Pengurus DPW MOI harus mampu memiliki anggota MOI sedikitnya ada 50 unit dari berbagai perusahaan media. Guna mencapai itu Pengurus DPW MOI mengajak bagi pengusaha perusahaan media untuk bergabung dengan Perkumpulan MOI.

Lanjut Rudi, "bagi Pengurus DPW MOI supaya dapat memberikan kemudahan dan mempasilitasi kepengurusan perusahaan media itu terdaftar dan diakui oleh Dewan Pers, yang bertujuan untuk perusahaan media itu mendapatkan legalitas dengan mudah.

Dengan demikian tentunya bagi pengusaha perusahaan media tidak perlu repot dan susah payah mengurus legalitas perusahaan dan MOI siap mewujudkan itu. Bagi pengusaha perusahaan cukup menyediakan dana Rp 3 juta saja legalitas perusahaan medianya sudah terdaftar secara keseluruhanya, tutup Rudi seraya mengingatkan kepada seluruh Pengurus DPW MOI Provinsi hanya diberi waktu tiga bulan sudah dapat mewujudkan programnya.

Terlihat hadir dalam Rakernas dan hari Jadi MOI perdana tahun 2019 ada Dewan Pembina MOI, 20 Pengurus DPW MOI dan Pengurus DPC, Wakil Kemenkumham RI, Wakil Kemenkominfo RI, LSM LIRA dan ratusan tamu undangan termasuk dari Tim Pemantau juga banyak terlihat awak media.

Jurnalis.(Ek)

Tidak ada komentar