Breaking News

IPCG Gelar Festival dan Bazzar Serta Dengan Pawai Taaruf

Mangkubumi [Kota Tasik - Qjabar.com

Ikatan Pemuda Cigantang Girang (IPCG) menggelar Festival dan Bazzar dengan Pawai Taaruf. Ratusan peserta Pawai Taaruf yang merupakan pelajar Madrasah Al-Ihsan dan Al-Islami  ini, dilepas oleh ketua RW Cigantang H.Enjang ZM didepan  para santi.

Pawai taaruf 2019 ini diikuti kurang lebih 400 peserta dari dua madrasah dan para pembimbing serta masyarakat tetempat.Dengan memakai atribut Islam, mulai peci, sarung, para santri  ini tampak semangat mengikuti festival tahunan.

Pawai dimulai dari kampung Cigantang Girang melalui kanpung Gununh Yuda,Gunung Siman,Nanggela,Bojong Parang, Babakabn dadap, dan finish di panggung Gembira Cigantang yang memiliki jarak sekitar 2 km.

"Saya bangga bisa mewakili sekolah tampil di festival ini, apalagi ini di bulan Muharam sangat bahagia bisa memperingatinya," kata intan (10), Santri Al-Ihsan, Jumat (08/11/2019).

Selain itu, pawai ini juga dimeriahkan grup drum band yang mengiringi  kafilah. Serta satu grup drum band etnik dari SMK BPI Kota Tasikmalaya yang beratraksi diawal pawai.
Sementara Pengurus madrasah Al-Ihsan dan Al-Islami Ustd.Eri Rohidin Fasya. mengatakankan, pawai taaruf ini merupakan agenda rutin dalam setiap tahunnya  IPCG selalu menggelar dan memperingati pergantian penggalan kalender Islam.

"Karena tujuan kita sama untuk memperibgati maulid Nabi SAW,untuk meningkatkan semangat para santri dalam belajar mencari ilmu agama dan syiar Islam, maka festival ini kita masukkan agenda ini dalam Ciganta Bazar Festifal(CBF) dan terangkum dalam festival Muharam," ujarnya.

Dalam pawai ini, imbuhnya, melibatkan semua kalangan pemerintah mulai dari Walikota Drs.H.Budi Budiman dan Wakil Walikota H.M.Yusuf yang diwakili oleh  Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tasikmalaya Ivan Dicksan Camat Mangakubumi,unsur Muspika,tokoh masyarakat dan para santri setempat.  "Dengan cara ini harapan kami masyarakat akan selalu mengingat budaya-budaya Islam dan memperkuat Iman dan taqwanya," katanya.

Sementara Ketua Panitia H.Apid  mengapresiasi seluruh peserta yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini."Pawai ta'aruf ini sangat bagus sekali dan perlu ditumbuhkan terus menerus untuk memupuk rasa cinta terhadap budaya-budaya yang Islami. Masyarakat akan lebih mengenal budaya Islam yang sesungguhnya. Ada banyak pelajaran Islam yang bisa dilihat dalam pawai ini. Ini juga bisa menumbuhkan ketaqwaan dan keimanan anak-anak terhadap Islam," katanya.

Ditempat terpisah, Ketua Bazar dan Festifal Nanang Nugraha menjelaskan kegiatan ini memiliki makna yang dalam bagi pelajar. Karena dengan gelaran pawai semacam ini bisa menguatkan tali silaturahami antar sekolah.

"Dengan pawai ta'aruf ini bisa kuatkan silahturahmi dan konsolidasi antar Mandrasah. Lewat ajang pula madrasah akan tumbuh inovasi dan kreasi dari masing-masing madrasah," pungkasnya.

Jurnalis : (dan)

Tidak ada komentar