Breaking News

Siswa SMPN 14 Kota Tasik, Gunakan Baju Batik di Hari Batik Nasional

Kota Tasikmalaya - Qjabar.com

Sejumlah Sekolah di Tasikmalaya baik pegawai Negeri Sipil maupun Swasta menggunakan baju batik pada Hari Batik Nasional salah satunya  Siswa SMP Negeri 14 Kota Tasikmalaya menggunakan Batik, hal ini bertujuan untuk memperkenalkan batik sejak dini kepada siswa-siswi SMP Negeri 14 Tasikmalaya.

“Dua hari sebelum Hari Batik Nasional, kita sudah menginformasikan untuk menggunakan Batik kepada siswa-siswi SMP Negeri 14 Kota Tasikmalaya termasuk guru-guru pengajar di sekolah ini. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan mengenalkan kepada siswa-siswi SMP Negeri 14 Tasikmalaya budaya Indonesia yang ada saat ini, termasuk motif batik yang memiliki makna penting untuk Indonesia,” ujar Kepada sekolah SMP Negeri 14 Tasikmalaya,Nanang S.Pd.

Batik sudah menjadi budaya dan warisan leluhur Indonesia yang sudah diakui dunia, dan ditetapkannya batik sebagai Warisan Budaya Dunia pada tahun 2009 silam.

Hari Batik Nasional bertujuan untuk memperingati ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbenda oleh UNESCO pada 2 Oktober 2009.Melalui peringatan Hari Batik Nasional, diharapkan mampu menambah rasa kecintaan siswa-siswi SMP Negeri 14 Kota Tasikmalaya terhadap Batik. Selama ini batik sudah dipakai siswa siswi di hari-hari tertentu, tetapi pada saat Hari Batik Nasional, siswa-siswi wajib menggunakan Batik.

“Selamat Hari Batik Nasional, kita harus bangga memiliki budaya Batik yang sudah di akui dunia. Namun bangga saja belum cukup, kita harus melestarikan budaya batik ini menjadi warisan budaya tinggi,” ujar Nanang, diruang kerjanya,di hadapan ratusan siswa-siswi SMP Negeri 14 Kota Tasikmalaya.

"Hari ini saya pakai baju batik, ikut serta meramaikan peringatan Hari Batik Nasional," ujar Zidan seorang siswa kelas llV .

Zidan tak sendiri, sejumlah siswa lain pun ikut serta menggunakan baju batik. Menurut dia, batik perlu dihargai sebagai warisan budaya dunia.

Sebelumnya, Kementerian Dalam Negeri mengeluarkan surat edaran mengenai pemakaian baju batik dalam rangka Hari Batik Nasional 2 Oktober 2019.

Surat edaran tersebut dengan nomor 110505/A.A6.2/TU/2019 dan ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal Kemendagri Didik Suhardi
Kemendagri menghimbau seluruh pejabat dan pegawai di lingkungan pemerintah daerah, provinsi, kabupaten/kota termasuk siswa sekolah untuk dapat menggunakan baju batik pada Rabu.Peringatan hari batik tersebut berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2009 Tentang Hari Batik Nasional.

Jurnalis.(dan)

Tidak ada komentar