Breaking News

Sebanyak 99 Pelajar SMKN 3 Baleendah  Kunjungi  UPT Pembibitan Tanaman  Distan Kab.Bandung

Cimaung ] KaB.Bandung - Qjabar.com

Sebanyak  99  siswa - siwi kelas 11 Smk 3 Belendah, Kecamatan Baleendah,Kabupaten Bandung . Mengunjungi Unit Pelayanan Teknis ( UPT )  Pembibitan Tanaman Dinas Pertanian ( Distan) Kabupaten Bandung.

Kedatangan  para siswa - siswi tersebut , untuk melakukan studi banding  tentang cara pemperbanyak  pembibitan tanaman dan praktek pengolahan lahan di jl. Raya Pangalengan km.28 kp.Cibiana, RT.01/RW.10, Cikalong, Kecamatan  Cimaung, Kabupaten Bandung,  Rabu  ( 9/10/2019) .

Menurut Ketua program agri bisnis tanaman SMKN 3 Andi Teti Sahadah Sp.M.M.Pd menjelaskan, tujuan anak- anak kelas 11  dibawa ke- sini, dalam  program ke-ahlian agri bisnis tanaman. "Karena, di sisekolah kami belum punya koleksi tanaman buah. "Sehingga, dibawa kesinih dengan tujuan untuk menambah wawasan dalam memperbanyak tanaman baik secara genereatif maupun sesara pegetatif .

"Kebetulan,  Uptd balai benih tanaman Jelekong ini, pas untuk pembelajaran agri bisnis pembibitan dan kurtur jaringan tanaman ."Dimana, semuanya baik bagian- bagian kopetensinya atau sk dan kd yang dituntut pelajaran tersebut ada di Uptd ini," jelasnya.

Andi Teti menambahlan, kami juga sudah merencanakan dan mulai merintis membuat MoU dengan kepala Uptd untuk kerja sama," tambahnya .

Ia  berharap, pada Dinas Pertanian mendukung pada kegiatan ini dan mudah -mudahan puiak Uptd Jelekong bisa kerja sama dengan baik dan  menerima kami, dalam memberikan materi yang ada di sini. "Karena Uptd tersebut sebagai gudang ilmu dalam pembenihan tanaman," pungkas Andi Teti.

Sementara menurut Kepala Unit Pelayanan Teknis ( UPT )  Pembibitan Tanaman Dinas Pertanian ( Distan) Kabupaten Bandung Agus BR mengatakan,dalam kunjungan tersebut para siswa SMKN 3 baleendah itu diberikan materi tentang teknis okulasi jeruk Dn sabilulungan dan praktek pengolahan lahan dengan menggunakan cultivator," tutur Agus.

Agus juga menjelaskan, sesui tupoksi kami ." Upt ini kan sebagai idukasi  tanaman "kami akan terus membuka kesempatan pada rekan -rekan yang dari perguruan tingg, kemudian dari pendidikankan menengah untuk menggunakan fasilitas kita  yang ada,  untuk di kerjasamakan dengan mereka seperi dari smkn 3 ini,"ujar Agus.

Agus BR melanjutkan, pihaknya juga  mebuka seluas -  luasnya bagi   semua rekan-rekan  baik pelajar  SMP/ Mts , pelajar SMA / SMK / MA ,  Universits , kelompok tani serta fakultas lain untuk studi banding dan belajar ke -UPT pembibitan tanaman .
Kami," lanjut Agus.

Agus BR  dan jajaranya siap, untuk kerjasama dan  memberikan materi cara - cara memperbanyak pembibitan tanaman jeruk dengan cara Okulasi," kata Agus.

Kepala Unit Pelayanan Teknis ( UPT )  Pembibitan Tanama Agus BR berharap  , pada para pelajar , SMKN 3 Baleendah.
"Sehingga , Ilmu yang didapat dari praktek ini bisa dikembangkan  dimasa yang akan datang  ," pungkas Agus.

Jurnalis.(Uden)

Tidak ada komentar