Breaking News

Mendikbud Sampaikan Komitmen Pemerintah Majukan Museum di Indonesia

Jakarta Barat - Qjabar.com

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menghadiri acara puncak peringatan Hari Museum Indonesia 2019. Dalam sambutannya, Muhadjir mengatakan bahwa museum adalah lambang peradaban sebuah bangsa dan tingkat kemajuan bangsa tercermin dari komitmen memelihara dan memperhatikan museum.

"Semakin peduli, semakin kuat komitmennya di dalam menangani, memelihara, mengembangkan, dan memperhatikan museum, biasanya semakin tinggilah tingkat peradaban sebuah bangsa itu," kata Muhadjir di Taman Fatahillah Kota Tua, Jakarta Barat, Sabtu (12/10/2019).

Dalam kesempatan tersebut, Muhadjir juga menyampaikan komitmen pemerintah untuk memajukan museum. Memajukan museum menurutnya adalah tanda bahwa Indonesia mengalami kemajuan yang signifikan.

"Oleh sebab itu, komitmen pemerintah melalui PP Nomor 66 Tahun 2015 kita akan terus memacu agar museum-museum di Indonesia akan terus menjadi semakin maju sebagai perlambang bahwa bangsa Indonesia juga mengalami kemajuan-kemajuan yang signifikan," ujarnya.

Muhadjir mengaku senang karena saat ini mulai banyak kesadaran dari masyarakat Indonesia untuk mengunjungi museum. Dia mengatakan, museum bisa menjadi destinasi wisata yang rekreatif sekaligus mendidik.

"Hampir seluruh wilayah Indonesia ada gairah baru bahwa museum itu menjadi tempat destinasi wisata yang sehat, mendidik, dan memberi inspirasi kepada pengunjung dan yang diajak berkunjung. Terutama para peserta didik dan juga para anak-anak yang ingin mendapatkan rekreasi, ingin mendapatkan suasana rekreatif, tapi juga menyehatkan," ucap Muhadjir.

Menurut Muhadjir, sarana dan prasarana di museum perlu lebih variatif agar tidak membosankan. Selain itu, Muhadjir ingin ada acara semacam peringatan Hari Museum ini dilakukan secara berkala.

"Karena itu ke depan kita harus betul-betul melengkapi berbagai macam sarana dan prasarana permuseuman dan harus lebih variatif sehingga tidak membosankan. Dan kalau perlu ada event-event tertentu setiap saat secara periodik sehingga memang selalu ada suasana inovatif, ada suasana yang baru," tuturnya.

Tak lupa, Muhadjir memberikan ucapan selamat Hari Museum Indonesia. Ia berterima kasih kepada semua pihak yang telah melestarikan museum.

"Atas nama pemerintah, khususnya Kementerian Pendidikan danr Kebudayaan, saya mengucapkan selamat Hari Museum Indonesia tahun 2019. Terima kasih kepada semua yang selama ini menekuni, menggeluti bidang permuseuman dalam kapasitas apa saja. Mulai dari kepala museum, pengelola, pemerhati, pemelihara, dan tentu saja juga para penggemar untuk berkunjung di museum," sebut Muhadjir.

Di akhir acara, Muhadjir juga menuliskan pesan untuk pengembangan museum. Setelah itu, ia memukul gong bersama Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Kemendikbud Fitra Arda serta Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Edy Junaedi sebagai penanda puncak peringatan Hari Museum Indonesia.

Berikut pesan yang di tuliskan Muhadjir untuk pengembangan museum:

Museum adalah simbol peradaban
Semakin tinggi peradaban suatu bangsa akan semakin sempurna pula museum-museumnya.
Mari kita ramai-rama mengunjungi museum-museum kita di seluruh Indonesia. "Muhadjir Effendy

Jurnalis.(Maskuri)

Tidak ada komentar