Breaking News

Karang Taruna Wahana Jaya- Desa Jagabaya Kelola Sampah Menjadi Nilai Ekonomi Bagi Warga

Panawangan ] Kab Ciamis - Qjabar.com

Sesuai dengan surat edaran Bupati Ciamis Nomor 658.1/1075.-DPRKPLH  tentang kebijakan pengurangan dan penanganan sampah di Kabupaten Ciamis.

Dalam menyikapi surat edaran tersebut, Pemerintah Desa Jagabaya membuat Perdes Jagabaya Nomor 3 tahun 2018 tentang RKP Desa tahun 2019 dan ditindaklanjut dengan Perdes Jagabaya Nomor 6 tahun 2018 tentang APBDesa Tahun Anggaran 2019.

Syarip Ruhimat, ST selaku Sekdes Jagabaya menuturkan, berdasarkan beberapa peraturan dimaksud,  Pemerintah Desa Jagabaya Kecamatan Panawangan telah cepat tanggap dalam merencanakan dan melaksanakan kegiatan pengelolaan sampah skala rumah skala tangga dengan cara membentuk dan mendirikan bank sampah serta budidaya maggot, "ungkapnya Senin, 21 Oktober 2019.

Selain itu ,dalam hal pengelolaan bank sampah tersebut di kelola oleh Karang Taruna Wahana Jaya Desa Jagabaya dengan nama Bank Sampah  MAYDARLING  (Masyarakat  Sadar  Lingkungan).

Adapun sumber anggaran yang digunakan untuk kegiatan pengelolaan sampah skala rumah tangga bersumber dari Dana Desa Tahun 2019 melalui APBDesa Jagabaya.

Dengan adanya Bank Sampah kami berharap akan menumbuhkan kesadaran  masyarakat akan kebersihan lingkungan dan menjadikan nilai ekonomis bagi masyarakat serta dengan berdirinya bank sampah di Desa Jagabaya bukan untuk menjadi pesaing melainkan untuk meningkatkan daya saing Desa, "pungkasnya.


Jurnalis.(D2)

Tidak ada komentar