Breaking News

"Hajat Lembur" Kp. Maruyung Perlu Dilestarikan Masyarakat kabupaten Bandung

Maruyung | Kab.Bandung-Qjabar.com

Perayaan Hajat lembur yang dilaksanakan di Kp. Maruyung Desa Cipinang Kecamatan Cimaung Kabupaten Bandung yang bertujuan Untuk melestarikan budaya buhun masyarakat Kp. Maruyung diharapkan jangan sampai terkikis oleh jaman.

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Desa Cipinang, Tokoh masyarakat, Sesepuh lembur, tokoh pemuda, serta masyarakat setempat yang datang pada kegiatan hajat lembur. Antusias masyarakat yang hadir pada acara tersebut, Disuguhi dengan berbagai makanan kuliner asli Kp. Cipinang dan juga kesenia tradisional sunda buhun, dan ditutup oleh pembacaan doa oleh sesepuh kp. Maruyung. (1/10)

Asep Cepi (Pjs Kades Cipinang) menjelaskan, Dengan adanya acara Hajat Lembur tiap tahunnya selalu dirayakan Esensinya yakni " Patani sing marukti, nu usaha sing jaleumbar, jeng gajihna sing gareude (para petani makmur, para pekerja menjadi kaya." istilah bahasa sunda) dan juga berharap Kp. Maruyung terjaga serta jauh dari marabahaya, sejahtera, makmur, dan masyarakat sehat jasmani serta Rohani." jelasnya.

" Saya meminta kepada masyarakat Kp. Maruyung untuk selalu menjaga lingkungan dan melestarikan tradisi Hajat lembur, Sebab tradisi ini adalah peninggalan atau warisan para leluhur Sunda bagi anak cucunya."

Lanjut Asep Cepi, Kegiatan ini termasuk salah satu kebersamaan masyarakat dalam mewujudkan rasa Sabilulungan sesuai dengan Visi kabupaten Bandung yang Maju, Mandiri dan mampu berdaya saing dengan tata kelola pemerintahan Desa yang baik. Sebab hal tersebut termasuk juga program dari Bupati Bandung H.Dadang M Naser." ungkap Asep Cepi kepada Qjabar.com.

Jurnalis.(R Kurnia)

Tidak ada komentar