Breaking News

Fasilitasi Dewan Pers, DPP MOI Bentuk Tim Verifikasi Media Online

JAKARTA - Qjabar.com

Dewan Pimpinan Pusat Media Online Indonesia (DPP MOI) mendukung upaya verifikasi media yang dilakukan Dewan Pers dan Kemenkominfo. Keseriusan itu dibuktikan dengan dibentuknya tim Pendataan dan Verifikasi Anggota Media Online Indonesia (MOI) di
seluruh Indonesia yang terdaftar maupun yang tidak terdaftar menjadi anggotaMedia Online Indonesia (MOI).

"Saya telah memfasilitasi pembentukkan tim khusus untuk melakukan verifikasi dan monitoring media-media online, khususnya media yang tergabung dalam keanggotaan MOI," ungkap Ketua Umum DPP MOI, Rudi Sembiring Meliala didampingi Sekjen Jusuf Rizal di Jakarta, Kamis (24/10/2019) siang.

Menurut dia, DPP MOI akan merekrut media-media online yang sekiranya bisa menjadi rujukan masyarakat untuk mendapatkan informasi yang akurat.

"Verifikasi dimulai dengan mengecek keberadaan badan hukum media
yang tergabung secara online melalui info keanggotaan MOI, alamat URL, keberadaan kantor, jumlah karyawan, reporter, nomor kontak pemilik media hingga status NPWP dan
identitas pemilik perusahaan seperti KTP dan sebagainya".

"Kami ingin media yang tergabung dalam keanggotaan MOI bukanlah media abal abal, apalagi media penyebar hoax," terang Rudi.

Adapun untuk melaksanakan tugas tersebut, DPP MOI telah menunjuk ketua DPC MOI Bekasi Raya, Doni Ardon sebagai Ketua Tim Pendataan dan Verifikasi Media Online.

"Alasan menunjuk Doni ardon.., dari sisi keilmuan jurnalistik dan penguasaan teknologi informasi, dia kan ahlinya dan punya banyak inovasi, termasuk  prestasi. Tata kelola organisasi, peningkatan kualitas man power dan cara kerjanya juga cepat, terukur dan tepat mengenai sasaran..  ya lebih _kapabel_ lah, itu kan sangat erat kaitannya dengan pengembangan dan pengendalian media online. Jadi, kami menunjuk Pak Doni," tambah Sekjen DPP MOI Jusuf Rizal.

Jusuf juga menyampaikan bahwa Doni Ardon bukanlah orang baru dalam pergaulan media. Doni dikenal karena kemampuan jurnalistiknya dan gebrakan organisasi yang dia pimpin, prestasinya juga cukup membanggakan, mulai tingkat daerah, nasional hingga internasional, seperti penghargaan jurnalistik yang diperoleh dari Wakil Kepala Kepolisian Jepang Komjen Pol Jepang Harry Hiroto Yamazaki.

"Saya yakin dengan kemampuan Doni Ardon, untuk itu selamat bertugas pak Don," tutur Jusuf Rizal.

Secara terpisah, ketua harian DPP MOI, Siruaya Utamawan melalui telepon seluler mengakui bahwa Program pendataan dan verifikasi media online menjadi salah satu ujung tombak DPP MOI dalam mengenali mana media yang dikelola secara bertanggungjawab dan mana media yang dikelola dengan tujuan praktis tertentu tanpa melandaskan pada fungsi pers sebagaimana mestinya.

"Berkembangnya isu hoax yang memicu konflik sosial secara horizontal maupun vertikal bahkan berkembang pada isu SARA, tentunya sangat merugikan semua pihak, baik publik, pemerintah bahkan Pers sekalipun," terang Siruaya.

Adapun verifikasi keanggotaan anggota MOI merupakan salah satu wujud pembuktian dukungan secara  organisasi terhadap tugas pokok dan fungsi Dewan Pers sesuai amanat UU Pers nomor 40 tahun 1999.

"Sebagai tindak lanjut verifikasi keanggotaan MOI tersebut, selanjutnya Tim yang dipimpin pak Doni dapat memfasilitas pendaftaran ke Dewan Pers," jelas Siruaya mengakhiri pembicaraan.

Jurnalis.(EK/MOI)

Tidak ada komentar