Breaking News

Masyarakat Desa Cipada Mendukung Penuh Program Keserasian Sosial Kemensos

Kab Bandung Barat - Qjabar.com

Belum lama ini masyarakat Desa Cipada Ikuti Program Keserasian Sosial untuk menumbuhkan rasa gotong royong di tengah masyarakat, Kementerian Sosial bersama Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat dan Dinsos Kabupaten Bandung Barat, realisasikan program keserasian sosial di Desa Cipada, Kecamatan Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat.

Puluhan masyarakat Desa Cipada Kabupaten Bandung Barat pun ikut berdialog dalam pertemuan kali ini,
Kepala Bidang Perlindungan Jaminan Sosial Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat menyatakan bahwa program dialog tematik keserasian sosial merupakan program kementerian sosial dalam rangka penanggulangan bencana sosial, program keserasian sosial ini upaya pemerintah untuk mencegah bencana sosial (konflik sosial) yang terjadi di masyarakat.

“Setiap kegiatan ada diskusi tematik, dan ada dua kali pertemuan, pertemuan pertama yakni tahapan perencanaan kegiatan untuk melaksanakan pembangunan kebutuhan masyarakat, dan yang kedua pelaksanaan kegiatan pembangunan menjadi salah satu media atau mediasi untuk masyarakat supaya bisa mempererat lagi jalinan silaturahminya sehingga bisa  tercipta keharmonisan di antara masyrakat demi mewujudkan indonesia aman damai, "ujar Kepala Bidang Linjamsos (Enok Komariah)

Selanjutnya Kepala Bidang Linjamsos Dinsos Provinsi Jabar ( Enok Komariah) mengharapkan dengan pelaksanaan program ini bisa mencegah konflik, menjaga keharmonisan, dan menumbuhkan rasa gotong royong diantara masyarakat dan diskusi tematik ini sangat penting untuk meningkatkan koordinasi dan kebersamaan antara masyarakat.

“Melalui program tematik keserasian sosial, bisa meningkatkan rasa memiliki dan tumbuh kedamaian di tengah masyarakat,”jelasnya.

Pelaksanaan program keserasian sosial ini dilaksanakan di wilayah yang rawan konflik dan bencana sosial. Jadi saat pertemuan pertama ini warga antar kampung akan menentukan fasilitas apa yang akan direalisasikan untuk menunjang kegiatan yang terarah.

“Untuk Provinsi Jawa Barat ada 30 program keserasian sosial yang akan dilaksanakan, dan Kabupaten bandung Barat daerah yang akan melaksanakan program keserasian sosial. Fokus kami adalah pencegahan, jadi kami yang jemput bola turun ke masyarakat misalnya melalui Kampung Keserasian Sosial,”ucapnya.

Secara terpisah,  Ketua Forum Keserasian Sosial Ds Cipada, Asep Suhendar, menyatakan bahwa program Keserasian tersebut di Desa Cipada akan diimplementasikan pada jalan lingkungan dan air bersih serta mck.

Musyawarah di RW 10 Desa Cipada, keputusan tersebut didapati dari hasil musyawarah setiap unsur masyarakat, termasuk para ketua RT, RW, BPD, Babinsa, Bhabinkantibmas, karang taruna Kepala Desa, dan tokoh masyarakat lainnya.

“Kami sudah melakukan dialog tematik, bersama beberapa unsur masyarakat, dari dialog tersebut, akhirnya disimpulkaan untuk Jalan Lingkungan, Air Bersih dan MCK. dengan harapan bisa mencegah konflik, menjaga keharmonisan, dan menumbuhkan rasa gotong royong diantara masyarakat,”ujarnya.

Asep juga berpandangan bahwa diskusi tematik tersebut sangat penting, untuk meningkatkan koordinasi dan kebersamaan antara masyarakat.

“Dari program tematik keserasian sosial tersebut, bisa meningkatkan rasa memiliki dan tumbuh kedamaian di tengah masyarakat,”pungkasnya

Jurnalis.(Apriawan)

Tidak ada komentar