Breaking News

Launching SDC Tahun 2019-2020 di Kabupaten Bandung Barat

Ngamprah | Kab.Bandung Barat - Qjabar.com

Launching pelatihan berbasis kompentesi kewirausahaan dan perluasan kesempatan kerja terintegrasi Development Center di wilayah Kabupaten Bandung Barat. Bupati Bandung Barat H. Aa Umbara Sutisna S.Ip menyampaikan pentingnya pembangunan suatu negara hakikatnya bertujuan untuk meningkatkan kemakmuran masyarakat dan pertumbuhan ekonomi. Acara ini dilaksanakan di Ballroom gd.B Lantai 4 lingkungan Pemda Kabupaten Bandung Barat.

Target utama yang menjadi landasan munculnya program-program Nasional adalah menurunkan angka pengangguran. Pengangguran dapat dipandang sebagai ketidakmampuan atau sebagai kekurangan kemampuan (Lack of Competency) dan keterampilan (Skill). Salah satu strategi yang diharapkan dapat mengantisipasi sekaligus mengatasi bertambahnya angka pengangguran maka dibentuk Skill Development Center (SDC) sebagai salah satu program pemerintah yang terus berupaya untuk memeberikan pelatihan kewirausahaan baru agar dapat meningkatkan dunia usaha yang baru, mempercepat angka pengangguran.

Menurut data Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Bandung Barat sampai dengan akhir bulan Agustus tahun 2019 jumlah pencari kerja yang mendaftar untuk program (SDC) yang terbesar di 16 Kecamatan dan 147 Desa sebanyak 4909 orang di klarifikasikan berdasarkan jenis kelamin dan pendidikan. Berdasarkan jenis kelamin laki-laki sebanyak 2985 orang, perempuan sebanyak 1924 orang, sedangkan berdasarkan pendidikan terdapat empat kategori yaitu kategori tidak bersekolah sebanyak 35 orang, kategori pendidikan dasar (sd & smp) sebanyak 948 orang, kategori menengah atas (SMA) sebanyak 2928 orang, dan kategori perguruan tinggi (Sarjana/Diploma) sebanyak 998 orang.

"Disamping itu Pemerintan Kabupaten Bandung Barat terus berupaya mengurangi angka pengangguran, dengan merencanakan latihan untuk tahun 2019/2020. Target pelatihan untuk tahun 2019/2020 sebanyak 1696 orang". Ujarnya.

Pada umumnya pelatihan SDC berbasis penempatan kerja di perusahaan sebanyak 608 orang di tahun 2019/2020 berdasarkan pendataan lowongan kerja yang terdaftar di SDC KBB pada bulan juli 2019 tersedia lowongan untuk 3257 orang dari 287 perusahaan. Pelaksanaan pelatihan SDC memili dua produk, yang pertama berbasis penempatan kerja di perusahaan dan yang kedua pelatihan SDC berbasis pembentukan wirausaha baru yang akan launching hari ini.

"Hal tersebut guna mewujudkan manusia dan masyarakat Indonesia yang sejahtera, adil dan makmur serta merata baik materil maupun spiritual, mudah-mudahan dengan adanya program Skill Development Center (SDC) ini bisa menjadi momentum awal yang baik bagi kita untuk mengurangi jumlah pengangguran di masa yang akan datang". Ujarnya.

Jurnalis.(R Kurnia)

Tidak ada komentar