Breaking News

Dr.Rina Indriati Terus  Lakukan Pembinaan Terhadap  Peserta  Prolanis

Kab.Bandung - Qjabar.com

Dr.Rina Indriati Kepala Puskesmas Pacet,Kecamatan Pacet,Kabupaten Bandung.
Terus setiap bulannya melakukan pembinaan terhadap peserta program pengelolaan penyakit kronis (Prolanis) .

Pembinaan tersebut diantaranya, peserta yang datang diperiksa dahulu mulai dari tekanan darah, berat badan dan tinggi badan. Setelah itu, lalu dilanjutkan dengan senam bersama.

Setelah senam bersama, peserta juga diberikan penyuluhan, diskusi dan tanya jawab. Selanjutnya peserta diperiksa  Iva tes dan diberikan  obat," ujar Dr.Rina usai memberikan penyuluhan pada Peserta di ruang kerjanya selasa (17/9/2019) .

Dr. Rina Indriati menjelaskan,  "kegiatan tersebut adalah program dari  BPJS Kesehatan, program tersebut bertujuan untuk  mendorong peserta pengidap penyakit kronis mencapai kualitas hidup yang optimal.

"Kami, dianjurkan dan dikasih tau pihak BPJS untuk membina dan memeriksa kondisi pasen - pasen peserta  program pengelolaan penyakit kronis seperti, hipertensi=darah tinggi, Diabetes melitus = kencing manis serta lainnya . Untuk  sekarang ini, kami gabungkan dengan  memeriksaan Iva tes seperti,  kangker rahim dan skrining riwayat kesehatan lainnya,"jelasnya.

Menurut Dr.Rina, "biaya  untuk kegiatan ini baik untuk man min, instruktur senam, nara sumber penyuluhan dan obat- obatan  dibiayai oleh BPJS kesehatan. Kegiatan ini kami lakukan  satu bulan sekali,"tuturnya.

Dr.Rina melanjutkan, awalnya peserta pengelola penyakit kronis dari 7 Desa di  Kecamatan Pacet dibatasi, dengan jumlah  10 peserta per Desa.
"Namun, sekarang ini di bebaskan siapa saja yang mau bergabung dalam program Prolanis tersebut," lanjutnya.

Lebih jauh Dr.Rina mengatakan, "jumlah peserta prolanis di Kecamatan Pacet saat ini sudah mencapai126 peserta prolanis. "Hal itu, menandakan antusiasya masyarakat yang mau ikut program pengelola penyakit kronis (Prolanis),"katanya.

Dr.Rina berharap, "dengan bergabungnya jadi peserta prolanis program dari BPJS kesehatan tersebut, masyarakat pengidap penyakit kronis  bisa terkontrol setiap bulannya.
"Sehingga, para peserta penyakit  kronis yang ada di  Kecamatan Pacet, bisa memenuhi  kualitas hidup yang oftimal,"harap Dr.Rina.

Di kesempatan yang sama  Kasubang Tu Puskesmas Pacet Usep Wahyudin mengatakan, kami sangat mendukung dengan adanya program pengelolaan penyakit kronis (Prolanis ) BPJS kesehatan tersebut .

"Kami juga, akan terus berupaya untuk membantu pelaksanaan kegiatan ini seperti, sarana prasarananya, administarasi serta sarana lain yang di  perlukan untuk  kegiatan itu," ujar Usep.

Usep juga berharap, dengan adanya pembinaan pada peserta  program pengelolaan penyakit kronis dari  BPJS kesehatan. Bisa meminimalisir bagi penderita  penyakit kroniis khususnya di Kecamatan Pacet. "Sehingga, kehidupannya bisa normal kembali," pungkas Usep Wahyudin.

Jurnalis.(Uden)

Tidak ada komentar