Breaking News

Akibat Layang layang, Aliran listrik di 2 Penyulang Padam

Kab Tasikmalaya - Qjabar.com

Terjadi gangguan jaringan atau padam sebanyak 2 (dua) kali pada penyulang Rajapolah & penyulang Singaparna, yang mana mengakibatkan padamnya di wilayah Kota Tasikmalaya, Kabupaten Singaparna & Rajapolah.Senin 16 September 2019

Informasi yang didapatkan dari Haiqal selaku Supervisor Teknik PLN ULP Tasikmalaya Kota, listrik mengalami padam yang pertama pada pukul 15:41 WIB dan petugas PLN langsung turun ke lapangan untuk menginvestigasi jaringan. Titik gangguan yang ditemukan yaitu pada daerah Sambong, padam yang terjadi diakibatkan oleh LAYANG-LAYANG. Jaringan listrik kembali normal pada pukul 16:10 WIB.

Pada pukul 17:03 WIB terjadi padam kembali pada wilayah yang sama, dan diakibatkan oleh LAYANG-LAYANG lagi. Listrik kembali normal pada pukul 17:51 WIB.

Seperti yang dijelaskan secara spesifiknya padam terjadi disebabkan oleh tali (kawat) layang-layang yang tersangkut pada jaringan PLN, yang kemudian ditarik oleh anak-anak sehingga mengganggu jaringan listrik PLN yang awamnya tidak diketahui karena terlihat hanya seutas kabel saja padahal sangat berbahaya sekali.

Himbauan yang diberikan oleh PLN sudah sangat jelas, bahwa “Jangan bermain layang-layang di dekat jaringan PLN”, disamping akan mengakibatkan padam, juga dapat meregang nyawa karena tali yang dipakai untuk bermain layang-layang terdapat kandungan kawat. Kawat merupakan konduktor yang bisa menghantarkan aliran listrik, bisa terbayang bagaimana bahayanya?

Pada kasus ini, peran orang tua sangat dibutuhkan untuk mengingatkan anak-anak agar tidak bermain layang-layang pada tempat yang dekat sekali dengan jaringan PLN. Demi keamanan dan kenyamanan bersama, marilah kita bekerja sama, menjaga dan tidak lelah untuk saling mengingatkan.

Jurnalis.(Nandra/D2)

Tidak ada komentar