Breaking News

Pasanggiri Degung Sunda Tahun 2019. Guna Lestarikan Kesenian Sunda

Kab.Bandung  - Qjabar.com

Pasangiri Degung Sunda yang berlangsung di Gedung Budaya Sabilulungan. Rabu 14/08/2019. Bertujuan melestarikan kesenian sunda yang selama ini jarang di adakan, Maka sudah tugas dan kewajiban pihak Dinas Pariwisata dan Kebudayaan untuk menampilkan kembali budaya dan kesenian asli orang sunda.

Pasanggiri degung sunda saat ini menampilkan para kreasi seni dari setiap sanggar yang ada di kabupaten Bandung dan yang hadir dari Dishub, tokoh masyarakat, tokoh seni, dan lainnya. Seperti dalam undang undang nomor 5 tahun 2017 tentang peran pemerintah yang harus mengayomi,menggali potensi seni daerahnya sehingga atraksi seni budayawan dapat dilestarikan.

Agus firman zaeni, kepala Disparbud kabupaten Bandung menjelaskan, sekarang seniman budayawan ini bergairah karena kita menyediakan wadah untuk berkreasi, agar seni adalah akar budaya daerah, ini tidak akan hilang budaya kita."tuturnya.

Saat yang sama, Aten Sonadi berharap dengan adanya pasanggiri untuk mengembalikan seni budaya sunda yang mulai terkikis oleh kemajuan jaman, maka pihaknya terus berupaya agar seni budaya sunda tetap ada yang salah satunya terus menggenjot memberikan motivasi terhadap masyarakat agar lebih paham lagi terhadap seni dan budaya sendiri.

Jurnalis.(R Kurnia)

Tidak ada komentar