Breaking News

Meriahkan HUT.RI Ke '74,RW.07 Kelurahan Cigantang Gelar Lomba Liwet

Tasik Kota - Qjabar.com

Berbagai cara unik dilakukan oleh masyarakat Kota Tasikmalaya untuk merayakan Kemerdekaan RI ke 74, mulai dari pelaksanaan lomba-lomba khas Agustusan seperti panjat pinang dan balap karung, ada juga masyarakat yang ingin memperingati HUT Proklamasi dengan menggelar lomba masakan khas Indonesia.

Seperti yang dilakukan oleh warga RW 07 Kelurahan Cigantang Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya yang menggelar Lomba dan Festival Nasi Liwet.

Pemilihan Nasi Liwet menjadi tema acara bukan tanpa alasan, selain karena Nasi Liwet sudah sangat familiar karena memang sudah jamak ditemui di nusantara terutama di daerah Jawa, Nasi Liwet juga menjadi simbol kerukunan dan kebersamaan masyarakat Indonesia.

Ketua RW 07 H.Enjang ZM mengatakan Kegiatan lomba nasi liwet untuk mengingat para pejuang dulu nasi liwet sendiri adalah khas  jaman era penjajahan dulu."lomba liwer ini,kami telah teringat dulu kepada para pejuang yang telah memerdekakan indonesia,karena ketika jaman penjajahan makanan setiap harinya adalah nasi liwet,maka dengan adanya acara ini untuk melestarikan budaya jama masa perjuangan dan tidak untuk dihilangkan."Jelas H.Enjang Z.M

Lanjut H.Enjang ,Lomba Nasi Liwet tersebut sudah digelar setiap tahnnya kalinya ini, disambut meriah oleh warga yang tinggal di Kampung Cigantang Girang,"Tua muda tampak begitu antusias dan semangat bergotong royong memasak dan menghias Nasi Liwet. Sambil diiringi alunan musik dangdut khas Indonesia, mereka berlomba menyajikan nasi liwet yang tidak hanya enak dilidah namun juga enak dilihat."Ujarnya.
 
Sementara,Lurah Cigantang Tedi  Sutardi yang ikut membuka dan menilai Festival Nasi Liwet terlihat takjub dengan keguyuban dan kerukunan warga Cigantang khususnya di Rw.07

“Dari dulu warga Cigantang Girang kebersamaannya luar biasa,” ujar Tedi.Sabtu malam (17/8/2019).

Sambung Tedi Sutardi, dengan adanya HUT RI Ke-74 di kelurahan Cigabtang haya RW 07 lah yang aktif dalam kegiatan lomba liwet ini,setiap tahunnya selalu mengadakan lomba liwet.

Tedi juga berharap semangat kerukunan dan kebersamaan warga tersebut harus terus dipelihara untuk membangun bangsa Indonesia sebagaimana semangat juang para pahlawan yang tak pernah surut memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang selalu mengenang sejarah dan perjuangan para pahlawan. Dengan modal semangat dan bersatu dan bermodal bambu runcing bisa mengalahkan senjata yang mutahir,” ucapnya.

“Oleh karenanya jangan pernah pudar semangatnya mengisi kemerdekaan. Dukung terus pembangunan karena tujuan dari pembangunan adalah untuk mensejahterakan masyarakatnya,"paparnya.
Sambung ketua RT 07 H.Enjang Z.M, Peringatan HUT RI ke 73 di wilayahnya,menyampaikan bahwa acara tersebut terselenggara berkat kerja keras dan gotong royong dari semua warga.

“Oleh karenanya saya berharap ini bisa menjadi event tahunan dan akan diadakan se kelurahan Cigantang sehungga pesertanya lebih besar dan lebih banyak lagi pesertamya.” harapnya.

Jurnalis : (dan)

Tidak ada komentar