Breaking News

MAN 3 Tasikmalaya Gelar PERMATA Pramuka 2019

Kab Tasikmalaya - Qjabar.com

Gerakan Pramuka di Gugus Depan MAN 3 Tasikmalaya menggelar kegiatan Perkemahan Masa Tamu (Permata) Tahun 2019. Kegiatan dilakukan di Bumi Perkemahan bukit Kiarajangkung Kecamatan Sukaresik Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat.

Perkemahan Masa Tamu adalah kegiatan yang diselenggarakan dalam upaya memperkenalkan kegiatan Pramuka kepada peseta didik baru MAN 3 Tasikmalaya di setiap awal tahun pelajaran."menggaalang taaruf atau  mengenalkan siswa 'siswi pesrta didik dengan materi yang ada diitegrasikan materi wajib pramuka dan seluruh mata pelajaran.

Selain itu ta'aruf seluruh walikelas kelas X wajib menjadi panitia demi kedekatan dengan peserta didiknya diluar kelas,sehingga Integrasi materi pembelajaran  yang diaplikasika  kedalam nilai-nilai kepramukaan,dengan harapan nilai rasa kepaduan pada seluruh peserta didik disesuaikan dengan Visi-Misi sekolah untuk menciptaka para pelajar yang harmonis, sinergis dan prilaku ahlakuk karimah."ujar Pembina sekaligus penanggungjawab kegiatan Hj.Dedeh Darliah S.Pd.,M.PD.

Dedah menuturkan, dalam pelaksanaannya kegiatan Permata, Gerakan Pramuka Gugus Depan MAN 3 Tasikmalaya bekerja sama dengan organisasi-organisasi Ekstrakurikuler lainnya di MAN 3 Tasikmalaya “Hingga kegiatan ini berjalan dengan sukses,” tandasnya.
Lanjut Dedah, dengan dilaksanakannya kegiatan Perkemahan Masa Tamu, diharapkan para peserta didik bisa mengembangkan karakternya, supaya lebih maju dan lebih baik. Para peserta kegiatan diajak bersosialisasi dengan para sahabat barunya serta dengan para seniornya di sekolah.

Wakasek Kesiswaan Maman Muhammad Anwar enurutnya, selama itu mereka dibina dan dibimbing supaya mampu mengembangkan bakat serta menyalurkan minatnya. “Hingga, diharapkan pula mereka akan lebih mampu mengekpresikan semua mimpi dan ambisinya supaya dapat dibina dengan baik dan diarahkan secara positif,” terangnya.

Dikatakan Maman, pada kegiatan Permata tersebut merupakan tuntutan pembelajara,sehingga harus benar-benar diikuti  oleh seluruh kelas X."Semoga dengan kegiatan ini para siswa baru dapat saling mengenal satu samalain dan bisa tersatukan."ujarnya.

Lanjut Maman Masa tamu tersebut materi akan disampaikan, seperti pelatihan membuat ayam cripi dan mie ayam, water rescue, leadership, navigasi darat, out bond, bela negara dan Wide game,” tuturnya.

Siswa-siswi baru MAN 3 Tasikmalaya antusias mengikuti kegiatan perkemahan masa tamu. Mereka bersemangat mengikuti setiap materi yang disampaikan.

Ditempata terpisah Humas Man 3 Tasikmalaya H.Asep Cucu menuturkan, terpilihnya tempat kegiatan permata kepramukaan bukit kiarajangkung Kecamatan Sukaresik karena tempat tersebut tidak hanya nyaman untuk dipakai berkemah,namun rasa tali persaudaran dan kekompakan pihak masyarakat setempat sangat merespon baik.

"tempat ini sudah rutin diadakan setiap tahunnya,tidak hanya cocok untuk berkemah kepramukaan,juga menjalin talisilaturahmi yang baik,sehingga terciptanya rasa aman dan kondusif."Pungkas.

Jurnalis :(dan)

Tidak ada komentar