Breaking News

HM Yusuf, Harapkan Program BBGRM Bagi Masyarakat Jadi Kreatif Inovatif Dan Kompeten

Tasik Kota - Qjabar.com

Bertempat di halaman Kelurahan Cibunigeulis Jl Leuwibudah Kel Cibunigeulis Kec Bungursari Kota Tasikmalaya, Polsek menggelar  Giat Bulan Bhakti gotong royong masyarakat (BBGRM) tingkat kota Tasikmalaya. Kamis (15/08/2019)

Kegiatan tersebut mengusung tema "Dengan bulan Bhakti gotong royong masyarakat kita tingkatkan peran lembaga kemasyarakatan dan kelurahan untuk mewujudkan masyarakat yang kreatif inovatif dan kompeten."

Penyelenggara Giat Bulan Bhakti gotong royong masyarakat (BBGRM) tingkat kota Tasikmalaya tahun 2019  Penanggung jawab Drs. H. Nana Sujana MS.i Asda 3 Kota Tasikmalaya Ketua  pelaksana Kabag Kesra Pemkot Tasikmalaya H. Nasihin, S.Ip

Dalam acara Bulan Bhakti Gotong Royong masyarakat dihadiri kurang lebih  250 orang diantaranya Wakil Walikota Tasikmalaya, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kota Tasikmalaya Kapolres Tasikmalaya Kota diwakili oleh Kompol Moch Bashori S.ap , para asisten, para staf ahli para kepala dinas/ kepala badan/sekretaris badan/Sekretaris dinas/kepala bagian/kepala kantor, kepala bidang dan para lurah se Kota Tasikmalaya,  tokoh agama.

Ketua Pelaksana Bulan Bhakti Gotong Royong masyarakat Drs. H. Nana Sujana M.Si Asda 3 Kota Tasikmalaya mengatakan, "pengertian bulan Bhakti Gotong Royong masyarakat adalah kegiatan kerjasama masyarakat dalam berbagai bidang pembangunan yang diarahkan pada penguatan persatuan dan kesatuan masyarakat serta peningkatan peran aktif masyarakat dalam pembangunan.

Dengan tujuan meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat berdasarkan semangat kebersamaan,"kekeluargaan dan kegotongroyongan menuju pada penguatan integrasi sosialisasi melalui kegiatan kegiatan gotong royong dalam pelaksanaan pembangunan serta bpemeliharaan hasil-hasil pembangunan."Paparnya.

Sasaran BBGRM meningkatkan persatuan dan kesatuan masyarakat,meningkatkan peran aktif masyarakat dalam pembangunan,meningkatkan kemitraan antara masyarakat dan pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan, meningkatkan rasa memiliki dan rasa tanggung jawab masyarakat terhadap hasil-hasil pembangunan.

Dalam kegiatan bbgrm ke-16 tingkat Kota Tasikmalaya akan diadakan kegiatan sebagai berikut, pelayanan atau pengobatan gratis dari Puskesmas Bungursari , pemasangan IUD dan implan dengan peserta lebih kurang 100 orang yang diterbitkan oleh pihak pelaksana kegiatan tersebut kerjasama dengan ibi atau ikatan bidan Indonesia.

Pemberian paket sembako untuk orang jompo dan orang tidak mampu sementara target lebih kurang 50 paket. membersihkan selokan dan jalan di lingkungan oleh masyarakat anggota TNI dan satgas BPBD DB yang berlokasi di RW 01 dan RW 2 kelurahan cibunigeulis kecamatan Bungursari Kota Tasikmalaya serta akan diadakan pula penyerahan simbolis bantuan program gema Madani simpati tahap pertama sebesar 69 kelura han X 138.000.000 = 952.200.000.

Tokoh masyarakat Bapak H Arifin memberikan penyerahan bantuan program Gema Madani  Tpk Cibunigeulis Kec Bungursari yang diterima oleh Bpk H Dodo dan  Tpk Cipari Kec  Mangkubumi yang diterima Ibu Rita serta pemberian santunan ke pada panti jompo berupa sembako.
Wakil Wali Kota Tasikmalaya H. Muhammad Yusuf mengatakaan, "pencanangan bulan bakti gotong royong masyarakat dengan tema"Dengan BBGRM kita tingkatkan peran lembaga kemasyarakatan dan Kelurahan untuk mewujudkan masyarakat yang kreatif, Inovatif, dan Kompeten".

"Saya berharap adanya BBGRM yang dilaksanakan di Kelurahan Cibunigeulis ini dapat kembali membangkitkan semangat masyarakat yang hampir luntur, terutama di perkotaan, termasuk di pedesaan, Semoga rasa gotongroyong di lingkungan masyarakat dapat tumbuh kembali."Ujarnya.

Dalam rangka membangun jiwa gotong royong serta rasa kebersamaan ini saya mengharapkan agar semua OPD dan Kelurahan dapat melaksanakan kegiatan kegiatan diataranya:

Bidang Kemasyarakatan dikedepankan penguatan sistem keamanan lingkungan yaitu Pemeliharaan Pos keamanan lingkungan, Peningkatan kemampuan satuan pertahanan sipil/hansip dan satuan perlindungan masyarakat/linmas di kelurahan, penegakan ketentraman dan ketertiban masyarakat.

Bidang ekonomi Penguatan peranan koperasi dalam mendukung perekonomian masyarakat,Fasilitasi pengembang usaha mikro dan kecil masyaraka, Pengemban budidaya pertanian Pengembangan budaya menabung dikalangan masyarakat.

Bidang lingkungan.Pembangunan dan pemeliharaan prasarana lingkungan ( jalan lingkungan, jembatan desa, drainase, prasarana persampahan, jamban dan prasarana lingkungan lainnya),Pembangunan dan pemeliharaan prasarana air bersih,Pembersihan dan penyehatan lingkungan pemukiman,Penyuluhan tentang kesehatan lingkungan

Setelah memberikan sambutan Wakil Wali Kota Tasikmalaya membuka giat bulan Bhakti Gotong Royong masyarakat dengan simbolis tamu undangan memukul kentongan secara bersama.

Jurnalis.(Dan)

Tidak ada komentar