Breaking News

Dr.Rina : Larang Dukun Beranak Lakukan Persalinan

Kab.Bandung - Qjabar.com

Kepala Puskesmas Pacet  Dr.Rina Indriati , melarang dukun beranak  melakukan  persalinan pada ibu hamil yang akan melahirkan  , apalagi sampai memotong  tali pusar bayi . "Dukun beranak ,sebagai pendamping kami  selaku tenaga kesehatan untuk mendampingi ibu hamil yang akan melahirkan sampai ke Ponet Puskesmas Pacet atau ke Bidan yang biasa ibu hamil  kontrol , merawat dan memandikan bayi selain itu tidak boleh, " ujar Kepala Puskesmas Pacet Dr.Rina Indriati ,

Dalam acar kegiatan tersebut bingbingan pada para dukun beranak / kader se Kecamatan Pacet di Aula Puskesmas Pacet , Selasa (13/8/2019 ) .

Dr.Rina menambahkan, "untuk merangkul  para dukun beranak di wilayahya. Pihaknya  terus melakukan bingbingan   pada dukun beranak  dengan cara, peningkatkan sumber daya manusi ( SDM ), memberikan  bingbingan, pelatihan pemahaman bagai mana pentingnya keselamatan ibu dan bayi .

"Adapun pelaksanaannya , kegiatan tersebut dilaksanakan dua kali  dalam satu tahun, "tambah  Rani.

Ia juga melanjutkan, "mungkin saja  di Wilayahnya masih ada dukun beranak yang melakukan praktek persalinan . "Akan tetapi,    pihaknya akan terus melakukan sosialisasi pada masyarakat agar masyarakat tau  bahwa dukun beranak tidak boleh melakukan Persalinan  lagi, " tuturnya.

Dr.Rina juga berharap , mudah mudahan   angka kematian ibu dan bayi di Kecamatan Pacet menurun ," pungkas Dia .

Jurnalis.(Uden)

Tidak ada komentar