Breaking News

Pondok Darussalam Gelar Apel Tahunan Perkenalan Khutbatul Arsy

Kab Tasikmalaya  - Qjabar.com

Pekan Perkenalan Khutbatul Arsy merupakan kegiatan tahunan yang ada di Pondok Darussalam Rajapolah, tepatnya di Narunggul,Desa Tanjungpura, Kecamatan Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya.Minggu 14 juli 2019.

Pekan Perkenalan Khutbatul Arsy tahun 2019, dengan motto “Pondok Pesantren Darussalam Rajapolah Tasikmalaya Menjunjung Tinggi Nilai Islami Mencetak Generasi Pemberani Untuk Peradaban Negeri”.

Pimpinan Pondok Darussalam Kh.Ahmad Deni Rustandi S.Ag memberikan sambutan sekaligus membuka acara Pekan Perkenalan Khutbatul Arsy secara resmi,ia menerangkan acara ini merupakan Apel Tahunan Pekan Perkenalan Khutbatul- Arsy Pondok Pesantren Darussalam acara yang digelar setiap tahun sekali dalam rangka Taaruf memperkenalkan pondok baik santri baru maupun santri lama, para pengurus yayasan, sekaligus silahturahmi kepada komite dan tokoh masyarakat sekitar,”terangnya.
Tambah K.H Ahmad Dedi Rustandi
Kegiatan ini bertujuan memperkenalkan pondok yang selama sifatnya inklusif ( terbuka ) bukan eksklusif (tertutup) itu yang utama dan juga mengenalkan dan menyampaikan pesan yang utama pondok ini mengajarkan Islam Wasatiah (Islam moderat), dan Islam Tsahmuh (Islam teloran), bukan yang mengarah kepada Islam fundamentalis apalagi anarkis atau Naudzu Billah apalagi ajaran sesat itu tidak di ajarkan disini,”ujarnya.

“Untuk santri baru 2019 pendaftar hampir lima ratus lima puluh, karena kuota terbatas yang di terima dua ratus lima puluh tetapi karena permintaan orang tua terpaksa yang kita terima hampir tiga ratus delapan puluh tujuan orang, itu juga kekurangan asrama dan kelas akhirnya sekarang kelas jadi asrama dan kelas kita jadikan kelas darurat di saung- saung sementara ada yang ada di masjid."Paparnya.

KH.Ahmad Deni Rustandi S.Ag n
berpesan kepada seluruh santri,hidup sekali hiduplah yang berarti, berani hidup tak takut mati, takut mati jangan hidup, takut hidup mati saja. Dan kemarin itu adalah hal yang pasti, kita tidak tau siapa setelah ini.

"Beberapa ansor ma’had telah meninggalkan kita belum lama ini, dan pejuang pejuang Darussalam sejak awal berdiri sampai sekarang, saya hanya mendo’akan Semoga Allah kirim ke Darussalam Junuudan lam taraunaha, tantara Allah, pejuang Allah yang penuh dengan keikhlasan untuk mengemban amanah yang suci ini.Tiap masa ada tokohnya, tiap tokoh ada masanya, tiap masa ada masalahnya. Janganlah Darusalam Rajapolah Tasikmalaya terseret, terjebak dengan pengaruh diluar.

Pondok ini tetap berprinsip diatas dan untuk semua golongan. Kita tidak mau terjebak dengan urusan politik praktis, apalagi tahun sekarang tahun politik walaupun kita belum tentu benar tentang istilah tahun politik. Biarlah diluar rame tetapi anak-anak kita tetap belajar,mudah-mudahan kita semua diistiqomahkan."Pungkasnya.

Ditempat yang sama Ketua Panitia Ashary Ramdhani M.Pd mengatakan, dengan acara tersebut dapat menjadi perekat umat bagi santri serta dapat menjalankan sesuai dengan moto darussalam." Kegiatan ini untuk menjunjung tinggi nilai-nilai islami,juga sebagai lembaga pendidikan yang mendidik generasi unggul yang bersaing baik di tingkat lokal, nasional atau malah mungkin bisa bersaing di tingkat internasional".ungkapnya .
Kegiatan tersebut diikuti kurang lebih 960 santriwan santriwati dan dihadiri  Koplsek Rajapolah IPTU Dede Darmawan, Danramil 1205 Rajapolah Kapt Inf. Handriyono. S.Pd, Pemerintahan Kecamatan Rajapolah, serta para orang tua santri baru.

Tak hanya itu beragam kesenian diperlihatkan  seperti Bhineka Tunggal Ika, Singa Depok, Kuda Bajir, Domba Garut, Ondel- ondel, Bebegig Sukamantri, Anekaria Nusantara, Gymbass, Tari Nusantara, Scout Attraction, Persatuan Silat Darussalam, persatuan senam lantai Darussalam, Persatuan Bela diri Darussalam dan dilanjutkan karnaval parade barisan.

Jurnalis : (Dan)

Tidak ada komentar