Breaking News

Perdana, Pembina Primkopkar Perhutani KPH Bandung Utara Raih Penghargaan

Bandung  -  Qjabar.com

Dinilai serius memperhatikan kemajuan koperasi, Pembina Primkopkar Perhutani KPH Bandung Utara Komarudin menerima penghargaan dari Dekopinwil Jawa Barat sebagai Tokoh Penggerak Koperasi di Kota Bandung dalam moment peringatan hari jadi Koperasi ke-72 Kota Bandung, Sabtu (27/7/2019). Piagam penghargaan diserahkan langsung oleh Ketua Dekopinwil Jabar dan Ketua Dewan koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kota Bandung Usep Sumarno sekaligus disaksikan juga Wali Kota Bandung Oded M Danial.

Administratur Perhutani KPH Bandung Utara yang juga sebagai Pembina Primkopkar Perhutani KPH Utara Komarudin menyatakan rasa syukur atas penghargaan yang diberikan. Ia mengungkapkan prestasi ini tidak lepas dari kontribusi para pengurus dan anggota terutama ketua Primkopkar Perhutani KPH Bandung Utara.

"Kami juga ucapkan terima kasih kepada Dekopinda Kota Bandung yang selama ini selalu memberikan pembinaan, arahan, masukan serta kritik membangun bagi kemajuan Prikopkar Perhutani KPH Bandung Utara," katanya.

Menurutnya, prestasi ini bisa bertahan atau bahkan lebih meningkat tergantung pada pengurus dan pembina serta keaktifan para anggotanya dalam berkontribusi aktif untuk memajukan koperasi. Termasuk juga binaan dari pihak eksternal seperti Dekopinda dan Dinas Koperasi.

"Harapannya kedepan Primkopkar KPH Bandung Utara bisa lebih maju lagi dan mampu mensejahterakan anggotanya. Selain itu, diharapkan para anggota bisa jauh lebih aktif lagi baik dari segi usaha simpan pinjam maupun usaha-usaha lain yang membantu pengelolaan wisata yang ada di Perhutani KPH Bandung Utara," harapnya.

Ketua Dekopinda Kota Bandung Usep Sumarno menerangkan penghargaan ini diberikan karena Pembina Primkopkar Perhutani KPH Bandung Utara dinilai telah memberikan perhatian, dukungan serta motivasi untuk kemajuan koperasinya. Salah satunya memberikan kepercayaan kegiatan berupa mengelola usaha yang ada di Perhutani KPH Bandung Utara yang berdampak pada kesejahteraan anggota. Hal ini sudah sesuai dengan undang-undang mengenai peran dan fungsi pembina koperasi.

"Selain itu, Pembina Primkopkar KPH Bandung Utara juga rutin hadir dalam setiap Rapat Anggaran Tahunan (RAT)," ungkapnya.

Usep menilai Primkopkar Perhutani KPH Bandung Utara termasuk koperasi yang sehat. Setiap tahun rutin menggelar RAT, aktiva lancar, pasifa lancar maupun likuiditasnya normal bahkan diatas rata-rata. Dari segi keuangannya pun setelah diperiksa dan ditelaah semuanya sehat.

"Penghargaan ini diberikan kepada delapan pembina koperasi yang dinilai telah memberikan perhatian serius kepada koperasi. Di Kota Bandung ini tercatat ada 1.200 koperasi. Sedangkan yang rutin menggelar RAT sekitar 500 koperasi. Namun, angka itu cukup besar dibanding kota lain karena sudah lebih dari 40 persennya," terangnya.

Sementara itu, Ketua Primkopkar Perhutani KPH Bandung Utara Reni Sureni mengatakan kesuksesan koperasi tentunya tidak terlepas dari peran dan dukungan pembina. Penghargaan ini merupakan bentuk perhatian Dekopinda Kota Bandung dalam merangkul semua pihak yang berperan memajukan koperasi.

"Penghargaan ini merupakan yang pertama diterima Primkopkar Bandung Utara. Bahkan bisa dikatakan ini juga penghargaan dari Dekopinda bagi seluruh koperasi se-Perum Perhutani. Semoga penghargaan ini bisa membuahkan dukungan nyata dalam kiprah perjalanan Primkopkar Perhutani KPH Bandung Utara," tuturnya.

Jurnalis.(Ajay)

Tidak ada komentar