Breaking News

Jaga Hutan Bersama, Perhutani KPH Bandung Utara Jalin Sinergitas Apik Dengan Kodam III Siliwangi

Bandung  -  Qjabar.com

Dalam rangka menjaga kelestarian hutan, Perhutani KPH Bandung Utara jalin sinergitas yang apik bersama satuan Komando Distrik Militer (Kodam) III Siliwangi. Hal ini ditunjukan dengan penyerahan secara simbolis papan ajakan jaga kelestarian hutan yang diserahkan langsung satuan Keuangan Daerah Militer (Kudam) III Siliwangi di kawasan wisata hutan pinus Puncak Bintang, Jumat kemarin (26/7/2019).

Administratur Perhutani KPH Bandung Utara Komarudin mengatakan salah satu fungsi hutan yang tak kalah pentingnya bagi bangsa ini adalah sebagai kawasan pertahanan keamanan. Seperti diketahui dalam sejarah perjuangan, hutan menjadi saksi bisu perjuangan kemerdekaan Indonesia. Oleh sebab itu, sinergitas semua elemen termasuk dari TNI dalam rangka menjaga kelestarian hutan menjadi sesuatu yang penting.

"Biasanya anggota TNI banyak menggunakan hutan sebagai sarana latihan. Baik Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara maupun Koppasus. Oleh sebab itu, kami menyambut baik kerjasama dan perhatian dari jajaran TNI untuk bahu membahu mengamankan aset hutan khususnya yang ada di Bandung Utara," terangnya.

Komarudin berharap kedepan sinergitas ini bisa lebih baik lagi. Saling membantu dengan tugas dan perannya masing-masing terutama mengenai pelestarian dan rehabilitasi hutan.
"Dalam setiap kegiatan kami, baik mengenai pengamanan hutan maupun rehabilitasi hutan kami selalu mengajak semua unsur termasuk TNI. Baik dari Kodam maupun Koramil," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Keuangan Kodam III Siliwangi Kolonel Cku Hariandi Fitriansyah menyatakan sudah menjadi komitmen satuannya untuk menjaga lingkungan. Baik hutan, sungai maupun yang lainnya. Salah satu program besar yang saat ini tengah dilaksanakan adalah Citarum Harum.

"Melalui kegiatan minggu militer ini kami ingin tunjukan kepada warga masyarakat kami juga menjaga hutan. Salah satunya dengan cara tidur di hutan dan menjaga kebersihannya," jelasnya.

Menurutnya, fungsi hutan ini sangat penting bagi kehidupan masyarakat. Tidak hanya untuk Kodam. Sebab, hutan ini punya fungsi sebagai penyimpan cadangan air. Oleh sebab itu, masyarakat harus tahu dan mau menjaga kelestarian hutan agar fungsi penyerapan airnya tetap baik.

"Kedepan tentunya ada rencana-rencana kegiatan yang bisa dilakukan bersama dalam rangka menjaga kelestarian hutan. Misalnya, kita mengajak masyarakat untuk membersihkan kawasan hutan dari sampah-sampah dan lain sebagainya. Kami juga berpesan kepada masyarakat jangan menebang pohon sembarangan," paparnya.

Jurnalis.(Ajay)

Tidak ada komentar