Breaking News

Bersama Puskesmas Karanganyar,MI Sindangwargi Gelar Penyuluhan UKGS

Tasik Kota - Qjabar.com

Salah satu usaha pokok yang dimiliki oleh Puskesmas Karanganyar Kecamatan Kawalu melakukan penyuluhan UKGS di MI Sindangwargi ,Saguling Panjang,Kelurahan CilamajangKecamatan Kawalu  Kota Tasikmalaya.Rabu (31/07/2019).

Euis Nuryani ,S.Y,salah satu petugas perawat gigi puskesmas Karanganyar mengatakan,kegiatan penyuluhan tersebut
untuk meningkatkan derajat kesehatan gigi dan mulut dikalangan pelajar . "Usaha Kesehatan Gigi Sekolah (UKGS) merupakan pendidikan kesehatan gigi dan mulut yang terpadu, secara lintas program dan lintas sektoral yang ditujukan untuk masyarakat sekolah dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan serta membentuk perilaku hidup sehat, terutama kesehatan gigi dan mulut. UKGS juga merupakan bagian integral dari UKS (Usaha Kesehatan Sekolah)."ujar Euis.

Ditempata yang sama tenaga pelaksana Gizi Novianti Rahyu Putri menyebutkan ,program penjaringan UKGS ini meliputi  pemeriksaan mengukur berat badan,tinggi badan dan menentukan status gizi siswa,sehingga status gizi anak bisa diketahui.
"mudah-mudahan untuk anak yang status gizinya lebih,bisa memperbaiki pola makan,dan pola jajanan bisa diarakan ke makanan yang menyehatkan sehingga timbul pola hidup sehat dan aktifitas fisiknya lebih ditingkatkan".Paparnya.

Lebih lanjut dikatakan  Novianti Rahayu,bahwa bimbingan pemeriksaan gigi bertujuan untuk mengajarkan kepada siswa bagaimana cara menggosok gigi dengan benar, memotivasi agar rajin menyikat gigi serta mengurangi mengkonsumsi makanan yang merusak gigi."Dari hasil pemeriksaan yang telah dilakukan sekitar 10% siswa yang diperiksa di MI Sindangwargi mengalami kerusakan pada gigi, ini diakibatkan kurangnya perhatian untuk menyikat gigi serta mengurangi mengkonsumsi makanan yang dapat merusak gigi." tandas Noviant.

Dalam kegiatan tersebut ada sekitar 84 siswa dari kelas 1 dan kelas 5 yang mengikuti kegiatan UKGS  dan di periksa kesehatannya oleh tim Puskesmas Karanganyar.

Dalam kesempatan tersebut Euis Nuryani memberikan pesan kepada orangtua siswa,bisa memberikan perhatian kepada anak juga, mereka diharapkan mampu meningkatkan gaya hidup sehat pada anak-anak.

Ditempat terpisah Staf pengajar MI Sindangwargi Aah Nurasiah mengatakan pihak sekolah merespon baik terhadap kegiatan kesehatan yang dilakukan oleh Puskesmas Karanganyar."Kami harapkan UKGS ini bisa berjalan seterusnya,sehingga terjalin kemitraan yang baik dengan kedepannya."Ungkapnya.

Jurnalis : (dan)

Tidak ada komentar