Breaking News

Abah Ending Dengan Kelincahan Mainkan Calung Jadi Perhatian Penonton

Kab Tasikmalaya - Qjabar.com

Semakin tua semakin berjiwa muda, Pasti sudah tidak asing lagi di dunia senibudaya abah Ending Supriatna, beliau seorang pensiunan pegawai dinas pendidikan dan kebudayaan yang asal dari pancatengah Kabupaten Tasikmalaya, dengan main calung menghibur masyarakat yang ada di Desa Pancatengah Kab Tasikmalaya, Senin kemarin 22 juli 2019.

Dalam rangka hari jadi Kabupaten Tasikmalaya yang ke-378, yang di saksikan langsung oelh beberapa tokoh masyarakat terutama para pecinta senibudaya.

Sosok Abah Ending memang sudah dikenal terutama di media, bahkan Abah Endang selaku pemingpin sanggar karya cifta filem (SKCF) sebagai sekenario flem dokumentator di kalangan media perfileman. Bahkan seorang jurnalis senior yang sudah lama mengabdikan dirinya sebagai jurnalis.

Diusia sekarang memang terlihat sudah tua, namun kelincahan memainkan calung sangat luar biasa, padahal beliau usianya 74 tahun.

Dengan penampilannya sederhana tak lupa dengan menggunakan kesehariannya pakai baju adat sunda, pakai pangsi dan iket memang sudah kebiasan Abah Ending.
Dikatakan Abah Ending saat temui Qjabar mengatakan, "mencintai budaya seni, sudah kewajiban karna oleh siapa lagi yang akan merawat budaya kita, jangan sampai kesenian hilang begitu saja, "ujarnya.

"Untuk itu diharapkan bagi anak muda terutama kaum milenial bisa mengembangkan seni budaya ini, baik Calung juga kesenian yang lain, bahkan di dunia perfileman sekarang harus di kembangkan, apalagi sekarang jaman teknologi, jadi semakin mudah viral, melalui medsos, "katanya.

Selain itu dimedia pun, kami juga aktip sebagi jurnalis, sampai sekarang tetap dijurnalis tidak lupa dan tidak ada pensiunnya , selagi kita masih bisa berkarya dalam tulisan maupun membikin vidio, "pungka Abah Ending.

Jurnalis.(Sutiaman ST)

Tidak ada komentar