Breaking News

Wisata Sungai Cireong Setatus Masih Abu Abu ?

Ciamis - Qjabar.com

Obyek wisata alam Sungai Cireong, yang berlokasi kampung Cireong Desa Sukaresik Kecamatan Sindangkasih Kab ciamis, Sungai Cireong dibuka sudah empat tahun, padahal sudah cukup lama, namun setatus Sungai Cireong masih abu abu, "ujar Asep Kobra selaku tokoh masyarakat. Jum,at 07 Juni 2019.

Dikatakan Asep Kobra, secara pribadi memang kondusip karna semua warga mengetahui, namun secara legal masih abu abu, apalagi sekarang dikelola oleh pihak bumdes selama ini, bahkan sempat di kembalikan kepihak karangtaruna atau pihak masyarakat, "ujar Asep.

"Hal ini seharusnya pihak pemerintah desa harus ada penangannan serius, baik dalam pengelolaan, supaya tertata baik secara administrasi perizinan juga PAD nya, apalagi para pengunjung sudah terus berdatangan, terutama di hari libur, "katanya.

Dihari ke tiga liburan setelah lebaran tentu pengunjung meningkat, beda dengan hari hari biasa, tampak terlihat, lokasi parkir mulai kewalahan, namun saja masih bisa teratasi, yang dihawatirkan ketika ada pengunjung terjadi kecelakaan siapa yang bertanggung jawab dan siapa yang menjamin, karna setatus wisata masih abu abu.

Pihak pemkab Ciamis baik Dinas Pariwisata juga LH , selaku tim Perifikasi seharus nya ada turun kelokasi dan meninjau keadaan terkait adanya Wisata alam Sungai Cireong, jangan sampai tutup mata. Selama ini memang belum ada menurut narasumber bahkan pihak Bundes pun mengakui.

Saat di temui Ketua Bumdes(Dirut) Yudi Gunadi Warnan menjelaskan, "Bumdes sipatnya badan milik Desa, dari mulai pelimpahan ke pihak Bumdes kita terapkan administrasi, karna kita juga di pinta pertanggung jawaban oleh pihak masyarakat, "katanya.

Selain itu terkait Sungai Cireong memang pihak Bumdes, bahkan dari mulai sekarang juga masih dalam tahap konsolidasi pengenalan administrasi, "ujar Yudi.

"Pihak kita sebatas pengelolaan, karna terkait perizinan itu ada bagiannya, terutama dari pihak Desa, tetapi kita akan tempuh sesuai prosedur sesuai administrasi, makanya kita mulai bangun komunikasi dengan pihak BPD dengan pihak Desa juga Masyarakat, "katanya.

Makanya kita akan bangun kantor dari pihak desa, tujuannya untuk menampung aspirasi dari pihak masyarakat terkait Sungai Cireong bila ada  pro dan kontra.

Masih kata Yudi, "untuk menajemen dan pengelolaan, pihak Bumdes akan kelola dengan serius, karna kita dipinta tanggung jawab. "Tegas Yudi Gunadi Warnan selaku ketua Bumdes saat di temui di lokasi Wisata Sungai Cireong.

Jurnalis.(EK)

Tidak ada komentar