Breaking News

Memasuki Bulan Ramadhan Harga Sayuran Telur & Ayam Naik

Kab Ciamis - Qjabar.com

Memasuki pekan kedua Ramadhan, harga beberapa kebutuhan pokok masih dirasakan mengalami kenaikan oleh pedagang maupun pembeli. Komoditas yang dirasakan kenaikannya signifikan di antaranya bawang putih, telur ayam dan ayam. Selasa 07 Mei 2019.

Pasar tradisional di Sindangkasih tepatnya di Kab Ciamis, harga bawang putih naik menjadi Rp 80 ribu per Kg, bahkan ada yang menjual sampai Rp 100 ribu per Kg dari harga biasanya Rp 60 ribu.

Kenaikan tersebut mulai dirasakan sejak menjelang masuknya bulan Ramadhan Salah satu pedagang sayur, Ade Toni(33) mengungkapkan, "ada penurunan daya beli masyarakat akibat kenaikan harga bawang putih yang mencapai Rp 80rb hingga Rp 100 ribu tersebut. "Biasanya orang beli 1Kg, sekarang beli 1/4 , "kata Ade Toni saat ditemui di pasar Sindangkasih.

Masih kata ade, "untuk sayuran harganya masih fluktuatif. "Sayuran biasa aja. Ada yang naik, ada yang gak. Wortel Rp 40 ribu biasanya Rp 24 ribu satu kilo. Kentang masih tetap Rp 20 ribu per kilo," katanya.

Sementara itu Enok pedagang ayam mengatakan, harga daging ayam berada di angka Rp 40 ribu per kg. Harga tersebut masih sama sejak memasuki bulan Ramadhan. "Kalau daging ayam masih tetap Rp 40 ribu. Sebelum puasa juga Rp 35 ribu. Gak ada kenaikannya yang signifikan kata, " Enok penjual daging ayam.

Ia memprediksi, harga ayam akan naik hingga Lebaran mendatang. Sebab, berdasarkan pengalaman di Lebaran sebelumnya, semakin memasuki Lebaran harga semakin merangkak naik. "Naiknya kemungkinan sampai lebaran, biasanya kan gitu.

Kalau dari distributornya mahal, ya kita juga gak bisa kuranginharganya," kata Enok Tidak hanya pedagang, pembeli pun juga mengeluhkan adanya kenaikan beberapa komoditas pangan yang dijual di pasar tradisional.

Salah satunya Nani Nani mengeluhkan harga bawang putih yang naik mencapai Rp 100 ribu per kg. Begitu pun dengan harga daging ayam dan juga telur ayam. Walaupun begitu, Nani tetap harus membeli karena komoditas tersebut merupakan kebutuhan pokok setiap hari.

Namun, ia mengurangi pembeliannya yang biasanya membeli daging ayam dua ekor, sekarang menjadi satu ekor saja. "Semua sih naik, bawang putih apalagi. Ayam naik juga.

Tapi ya saya harus tetap beli, cuma dikurangi belinya. Kalau telur naiknya itu, sebelum puasa juga sudah naik. Sekarang Rp 30 ribu telur, "kata Nani.

Jurnalis.(Heryanto)

Tidak ada komentar