Breaking News

Lagi, Proyek Rehabilitas Saluran Irigasi Di Duga Asal Jadi

Kab Pangandaran - Qjabar.com

Pembangunan Infrastruktur yang berada di Lakbok Selatan Rehabilitas saluran irigasi yang sedang di laksanakan dari mulai awal 2019, di wilayah Desa Karangmulya Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran jenis pekerjaan pemeliharaan peninggian tebing irigasi tidak memasang papan impormasi diduga di kerjakan asal jadi, dan memakai Matrial Be

Pemberitaan yang dikutip media sergapreborn.id konfirmasi kepada kordinator pengairan lakbok Selatan Sugeng kebetulan lagi ada di lapangan di soal prihal pekerjaan tersebut yang tak jelas panjang, lebarnya dan anggarannya pun tidak jelas. Sugeng mengatakan pekerjaan ini oleh rekanan namun nama cv nya tidak tau dan anggarannya cuma Rp.9.800.000 panjang kiri 90.M kanan 90.M, "ungkapnya Sugeng

Sedangkan menurut Ketua DPC Lembaga Pemantau Anggaran Publik ( LPAP ) Kabupaten Pangandaran Gus Hendra mengatakan, "Proyek pembangunan Saluran irigasi Program BBWS Citanduy untuk lahan pertanian ini mebuai sorotan publik banyak pertanyaan karena tidak adanya papan nama kegiatan. Kebenaran dilapangan terkait pemasangan batu terlihat pondasi lama tidak dibongkar, pemasangan batu baru di tumpang tindih dengan batu pondasi lama, "ujar Dia.

Tampak terlihat  pemasangan batu sampai kebawah padahal hanya separoh ditumpang diatas pondasi lama, "menurut pantauannya.

Hal ini perlu pengawasan yang serius, ini diduga kurangnya pengawasan baik dari pihak kecamatan maupun dari pihak dinas sehingga pembangunan dikerjakan asal jadi.

“bahkan ada dugaan oleh oknum tertentu guna menutup mulut segala informasi terkait pelaksanaan proyek. Motifnya, menghindari adanya pengawasan berbasis korupsi tentang pembagunan “oknum tertentu diduga mencari keuntungan dan perkaya diri.

Pihak Pemerintah sudah membuat undang undang no 14 tahun 2008 Tentang (KIP) Keterbukaan inpormasi Publik, yang seharusnya disetiap Program Pemerintah harus ada Papan Proyek agar bisa diketahui warga besar kecilnya anggaran yang sedang dikerjakan tetapi diabaikan oleh oknum tertentu.

Peraturan Pemerintah No.71 tahun 2000 tentang peran serta masyarakat untuk melakukan pengawasan di bidang Program pembangunan pemerintah, baik tingkat Desa maupun tingkat Pusat.

Diduga pembangunan saluran irigasi dikerjakan asal jadi diwilayah rata rata terjadi di kabupaten Pangandaran,Tidak berfungsi pengawasan tingkat Desa maupun tingkat kecamatan maupun tingkat pemerintah pusat. Disinyalir rata-rata sorotan publik ungkap Gus Hendra.(sum/Sergp)

Jurnalis.(Shopia Zihara)

Tidak ada komentar