Breaking News

Kepincut Keindahan Hutan Cikole, Puluhan Mahasiswa UPI Bikin Film Dokumenter

Kab Bandung - Qjabar.com

Puluhan mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menggelar proses shooting film dokumenter bertemakan kerajaan di hutan Cikole Lembang, Jumat (26/4/2019). Proses shooting dilakukan dalam rangka pembuatan video trailer pergelaran tari dan drama tari lakon Purnamasari Silalatu Padjajaran yang akan dilaksanakan di Gedung Teater Taman Budaya Provinsi Jawa Barat pertengahan bulan Juni mendatang.

Pimpinan produksi Rifaldi Indra Hafidzin mengatakan Cikole Lembang dipilih menjadi lokasi shooting karena suasana alamnya pas dengan tema film itu sendiri berupa suasana kerajaan. Konstruksi hutan Cikole sesuai dengan nuansa alam ala zaman dahulu yang diperlukan sebagai latar film.

"Beberapa spot di sana sangat pas dengan tema film yang kami buat. Nuansa klasiknya kena. Lokasi pengambilan gambarnya sendiri berada di sekitar area camping ground di belakang titik tugu perbatasan Bandung-Subang," terangnya.

Ia menuturkan proses shooting sendiri dimulai sejak dini hari karena mengejar sunrise yang menakjubkan di sana. Ada dua video yang dibuat yaitu untuk teaser dan film utuhnya.

Terpisah, Administratur Perhutani KPH Bandung Utara Komarudin menuturkan pihaknya sangat mendukung berbagai kegiatan yang dilakukan para pelajar maupun mahasiswa di kawasan hutan Bandung Utara dalam rangka edukasi. Mulai dari sekolah formal usia dini sampai mahasiswa dan juga sekolah non formal berbasis sekolah alam.

"Di hutan Bandung Utara sudah sering digelar berbagai macam event berbasis pendidikan. Baik dari berbagai Universitas, sekolah bahkan sampai PAUD. Oleh sebab itu, tentunya kami sangat mendukung," ungkapnya.

Berkaitan dengan kegiatan mahasiswa UPI, Komarudin menyambut baik dan mengapresiasi pembuatan film yang dilakukan di kawasan hutan Bandung Utara. Terlebih, kegiatan tersebut banyak menonjolkan budaya khas Jawa Barat. Menurutnya, kegiatan ini merupakan perpaduan antara keindahan alam dengan budaya.

"Film ini nantinya kan bakal ditayangkan didepan banyak orang. Oleh sebab itu, video ini akan menunjukan bahwa di Jawa Barat ini tidak hanya cantik mojangnya tapi juga cantik alamnya," terangnya.

Komarudin mengajak kepada para pelajar maupun mahasiswa terutama jurusan sains atau IPA agar mau belajar langsung ke hutan. Sebab, di sana mereka bisa mengenal, mempelajari bahkan mengidentifikasi secara langsung ekosistem yang ada di hutan.

Pihaknya juga tetap menghimbau kepada para pelajar agar menjaga ketertiban, kebersihan dan ikut melestarikan hutan selama belajar di sana. Jangan sampai melakukan hal-hal yang merusak alam seperti vandalisme dan lain sebagainya. Sebab, banyak sumber kehidupan yang terkandung di hutan ini yang wajib dijaga bersama.

Jurnalis.(Ajay)

Tidak ada komentar