Breaking News

Panwaslu Kota Tasik, Gelar Bimtek Tingkat Kecamatan Mangkubumi

Tasik Kota - Qjabar.com

Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Tasikmalaya  menggelar acara Pelantikan dan Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk 8 kelurahan tingkat  Kecamatan Mangkubumi yang digelar di aula R.M.Sari Alam Jln.S.L.Tobing Kota Tasikmalaya, Senin (25/03/2019).

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh 264 peserta pelantikan perwakilan Bawaslu Kota Tasikmlaya, Muspika , 31 Pemerintah Kecamatan Mangkubumi.

Ketua Panwascam Mangkubumi Jajang  Sundulani menjelaskan, pelantikan para komisioner Panwascam seluruh Kecamatan Mangkubumi ini, merupakan orang-orang terpilih dari hasil rekrutmen kemarin yang dilaksanakan prosesnya selama kurang lebih satu bulan, untuk bisa mengikuti atau menjadi pengawas pemilu(PANWASLU) yaitu harus berusia minimal 25 tahun,berpendidikan min-SMA.

"Menjadi petugas Panwaslu harus paham terhadap kepemiluan,Integritas kita lebih berorientasi terdapat pematuhan terhadap undang-undang yang mengisaratakan harus 25 tahun dan berijazah SMA.Ini sangat mudah tapi pada pelaksanaannya sanagt susah".Ujarnya.
persyaratan tingkat perjuangan para PKD bisa bekerjasama dengan masyarakat dan Dinas Pendidikan sehingga bisa terpenuhi secara keseluruhan.

“Mulai hari ini, kita sudah punya  Panwascam se-Kecamatan Mangkubumi, Nanti mereka dikasih Bimtek ,setelah itu sudah mulai bekerja dan sudah harus merekrut seorang PPL (Pengawas Pemilu Lapangan) atau istilah dalam UU nomor 7 tahun 2019 disebut Pengawas Pemilu Tingkat Desa (PPTD) untuk tiap tiap desa di seluruh kota Tasikmalaya,” jelasnya.

Nurhadi menambahkan, pihaknya mengajak kepada masyarakat khususnya di wilayah kota Tasikmlaya, agar bisa menjadi mitra dan ikut berpartisipasi dalam pengawasan proses pemilu legislatif 2019.

“Masyarakat diharap ikut berpartisipasi dalam pengawasannya nanti. Silahkan kami open untuk pengaduan dan laporan. Jangan takut, kami siap bekerja untuk hasil pemilu yang sukses dan damai,” pungkasnya.

Dijelaskan, Wandi Ganda Prahara S.Ag selaku Kordip Sengketa kota Tasikmalaya ,jumlah TPS yang ada di kecamatan mangkubumi ada 264."Kegiatan ini berharap dengan kesiapan TPS yang matan, trampil dan bisa meminimalisir jumlah pelanggaran yang bisa mengurangi kwalitas pemilu seperti mony politik,dan pelanggaran prosedur,setelah pelantikan dan sumpah janji, akan dilanjutkan untuk kegiatan bimbingan teknis.

Jurnalis.(dan)

Tidak ada komentar