Breaking News

Diduga Sunat Dana PKH Sebesar 200 Ribu, Untuk Saham Bumdes

Kab Pangandaran - Qjabar.com

Rencana pemerintah menuntaskan kemiskinan warga tidak mampu melalui program PKH (Program Keluarga Harapan), mendapatkan bantuan di Kabupaten pangandaran, Jawa Barat.

Berdasarkan impormasi warga yang mendapatkan bantuan Progam Keluarga Harapan (PKH) dalam pantauwan, dan salah satu warga inisial X menyampaikan ke qjabar.com terkait pemotongan KPM PKH Desa Padaherang Kecamatan Padaherang Pangandaran Rp.200.000.

Menurut warga KPM, ini ada arahan dari Kaur Kesra inisial AD menawarkan saham ke BUMdes untuk usaha kelompok.

Dana tersebut untuk beli tabung gas Elpiji 3 Kg supaya kelompok ada kegiatan usaha dan ada penghasilan dan nanti pembeliannya harus ke Pak AD, ini intruksi dari AD, "ungkap salasatu warga.

Dikatakan sewaktu sosialisasi di Desa pada Hari Minggu lalu, ada intruksi dari Kaur Kesra seperti itu ungkap Warga PKM.

Warga sempat Heran juga apa yang di katakan  warga PKM kenapa BUMdes ko masih minta dana KPM PKH, sedang dana  BUMdes sendiri  kan ada anggarannya, warga pun menyoal Dana BUMdes nya kemanakan uangnya kenapa masih butuh dana KPM PKH untuk modal BUMdes, itu kan jelas perutukannya Kalau memang di kelola dengan baik  tidak bakalan minta Bantuan untuk minta dana KPM PKH, "katanya.

Rabu 13/3/2019, Kepala Desa Padaherang Suryati mengatakan saat di wawncara qjabar.com di Ruang Kantor dan di Damping Ketua Pendamping PKH Desa mengatakan untuk keterkaitan polemik masyarakat yang menyatakan ada potongan itu ga benar yang saya tau dari hasil musyawarah PKM PKH ada kesepakatan dari PKH dan Pendamping Bahwa ada penyisihan dana PKH untuk digunakan kelompok yang saya tau dari pendamping untuk memperdayakan PKH supaya ada penghasilan tambahan ungkap Kades.

Pendamping PKH Desa ... yang Baru, menjelaskan terkait dana PKH di sisisihkan Rp.200.000, untuk
Pemerdayaan kelompok PKM PKH supaya ada penghasilan tambahan, ini juga intruksi dari Kabupaten  dan cara pengolahan nya pun oleh kelompok PKM, dan dana tersebut pun masih ada di ketua kelompok. Dana tersebut nantinya oleh kelompok di gunakan untuk usaha tabung Gas Elpiji ada yang Ternak Domba, dan itupun kelompok yang mengolahnya.

Desa Padaherang  kelompok PKM PKH ada 15  kelompok dan jumlah keseluruhan 361 Orang. Penyihan Rp. 200.000, untuk Pemerdayaan kelompok PKH dan itu langsung di kelola kelompok nya masing-masing dan per kelompok di bagi ratakan  25 orang perkelompok paparnya.

Bupati Jeje Wiradinata menangapi aduan masyarakat melalui Media  terkait ada Dugaan  pemotongan Program Keluarga Harapan  (PKH) di Desa Padaherang di Kecamatan Padaherang kabupaten Pangnadaran,

Bupati Jeje di dampingi Wabub Adang Hadari berserta Istri dalam acara KONFERENSI PERS dalam acara Peresmian Pangandaran Creative Space (PCS) Sabtu, 9/3/2019.

Bupati Jeje Waradinata Mengaskan Dana PKH tidak Boleh ada potongan karena itu secara umum itu tabungan, yang masuk kerekening mereka, dan dana tersebut untuk kepentingan PKH walaupun dalih apapun tidak boleh ada potongan, saya tegaskan dalih apapun PKH tidak boleh ada potongan tandas Jeje.

Rabu 13/3/2019 16:37  Ade Ajat Selaku Pandamping Kabuoaten Menjelaskan melalui WatshApp Pribadina ini Penjelasan di buat sendi ketua PKH Kabupaten.

Kan memang tidak ada potongan, kalau ada pendamping melakukan pemotongan maka selsesai karir pendamping

[13/3 16.40] Ade Ajat: tapi kalau pendamping membantu mendampingi KPM dalam rangka pemberdayaan maka pendamping akan diberikan penghargaan.

[13/3 16.49] Ade Ajat: menurut laporan pendamping ka abdi:
1. di desa padahareng ada 13 kelompok yang dibuatkan kelompok usaha dalam rangka pemberdayaan. dari 13 itu 8 diantaranya usaha jual beli gas lpg dan 5 pembesaran domba.
2. adapun modal awal untuk pemberdayaan merupkan iuran anggota kelompok sesuai dengan jumlah sesuai kesepakan anggota. adapun uang tersebut masih berupa simpanan KPM PKH yang  digunakan untuk modal usaha. pun demikian penghasilan atau keuntungan usaha akan dibagi sesuai kesepakan kelompok
3. pemberdayaan KPM merupakan tupoksi pendamping PKH dalam rangka membantu KPM PKH untuk mendapatkan tambahan pemasukan keluarga.



Jurnalis.(SZ)

Tidak ada komentar