Breaking News

Iwan Ridwan, PLN Terus Ingatkan Pelanggan Terkait Tagihan Pasca Bayar

Kota Tasik - Qjabar.com

Tidak jemu jemu dalam memberikan informasi kepada pelanggan PLN terkait tagihan tunggakan listrik. Saat ditemui saat acara kunjungan menteri BUMN KE Universitas Siliwangi. Rabu 20 maret 2019

Iwan Ridwan selaku manager komunikasi Pln induk Jawa Barat menuturkan sebagaimana kita ketahui layanan PLN ke pelanggan itu ada layanan prabayar dan pasca bayar.Prabayar itu sistem token, silahkan pelanggan membeli dulu token sesuai kemampuannya.Artinya beli dulu lalu isikan ke kwh silahkan pakai.Kalo habis isi lagi.Kalo pasca bayar tentunya pakai dulu baru bayar.Petugas mencatat pemakaian kita baru jadi rekening tagihan. "Tuturnya.

Dari dulu PLN selalu mengimpormasikan melalui media, kemudian saat jadi pelanggan juga ada SPJBTL( surat perjanjian jual beli tenaga listrik)disitu disebutkan batas akhir bayar tagihan listrik setiap tanggal 20. Nah ini kadang kadang pelanggan lupa dan disisi lain petugas kami kurang. Harusnya tanggal 21 itu di putus namun terlewat.Mungkin satu atau dua di putus.Karena mungkin yang belum bayarnya cukup banyak sehingga terlewat dan tidak di putus sementara.

"Untuk itu kami menghimbau kepada pelanggan mari kita ingatkan kembali bahwa batas akhir pembayaran listrik itu tanggal 20. Kalo kita tidak memberikan warning akan menjadi kebiasaan terus menerus.Kan kita juga butuh untuk operasional, untuk membeli lagi listrik ke pembangkit, pemeliharaan dan sebagainya. "Katanya.

Makanya kita sangat perlu kerjasama dari pelanggan yang pasca bayar untuk tertib bayar tepat waktu.Kami ditarget setiap akhir semester tagihan harus 0.Mau tidak mau suka tidak suka. Baik itu ULP ata UP3 harus 0.maka dari itu kami menghimbau mari kita sama sama sadar, PLN memberikan layanan kepada pelanggan sebaik mungkin, menyalurkan tenaga listrik dengan kualitas yang bagus dan handal.Pelanggan juga setelah menggunakan tenaga listriknya diharapkan bisa membayar sesuai waktu yang sudah ditetapkan.

Terkait tunggakan tagihan listrik untuk Jawa Barat ada sekitar 10% nan lagi itu yang kita nilai.Sebetulnya dimonitor setiap bulan.Yang menjadi penilaian kami adalah di akhir semester.Untuk wilayah Jawa Tengah mungkin masyarakatnya sudah sadah sadar. Satu induk distribusi nihil tagihannya.

Disinggung terkait gangguan, Iwan Ridwan juga menjelaskan bahwa di wilayah kerja UP3 Tasikmalaya masih menggunakan jaringan udara. "Untuk kabel sendiri kami pastikan sudah handal.Biasanya kalau musim hujan dahan pohon kebanyakan dari pohon pohon yang menyentuh jaringan. Kalo kering mungkin tidak jadi masalah, tapi kalo pohon itu dalam keadaan basah akan jadi gangguan.

Maka dari itu saya himbau kepada masyarakat yang memiliki pohon di dekat jaringan agar merelakan atau melaporkan kepada petugas untuk dilakukan pemangkasan. Jarak aman pohon dengan jaringan itu berjarak tiga meter.Maka dari itu untuk menghindari gangguan kami beeharap kerjasama nya. "Jelasnya.

Jurnalis.(Dodi)

Tidak ada komentar