Breaking News

Gandeng Perhutani, Polrestabes Bandung Gelar Opsih Gabungan 

Bandung - Qjabar.com

Bersama Aparat Kepolisian dari Polrestabes Bandung, ratusan pegawai Perhutani KPH Bandung Utara dan KPH Bandung Selatan ikuti aksi operasi bersih (opsih) gabungan membersihkan area sekitar Jalan Ahmad Yani, Jum'at (15/3/2019). Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Program Kegiatan Kepolisian Yang Ditingkatkan (KKYD) Polrestabes Bandung tahun 2019.

Administratur Perhutani KPH Bandung Utara Komarudin mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk sinergitas yang baik antara aparat kepolisian, Perhutani KPH Bandung Utara dan KPH Bandung Selatan serta elemen masyarakat. Sebab, baik sebagai individu maupun institusi wajib menjaga kebersihan.

"Meskipun sebenarnya ini bukan tugas pokok kami, tapi untuk masalah kebersihan memang sudah menjadi tanggung jawab bersama," katanya.

Komarudin menyebutkan ada sekitar 250 orang yang terlibat dalam kegiatan kerja bakti gabungan ini. 100 orang berasal dari pegawai Perhutani KPH Bandung Utara dan KPH Bandung Selatan, 100 orang dari aparat kepolisian Polrestabes Bandung dan sisanya dari elemen masyarakat termasuk tim Gober.

"Area operasi bersih ini dilaksanakan di sekitar jalan Ahmad Yani dengan radius sekitar 500 meter," sebutnya.

Komarudin menuturkan sesuai dengan prinsip 5R yakni Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin, pihaknya memastikan bahwa kebersihan menjadi sebuah prioritas. Selain itu, agama pun sudah menyebutkan bahwa kebersihan sebagian dari iman.

"Kami harap kegiatan semacam ini bisa berlangsung rutin. Sehingga menjadi contoh bagi masyarakat bahwa semua pihak bisa berperan dalam menjaga kebersihan," terangnya.

Wakil Administratur Perhutani KPH Bandung Selatan Dede Nugraha menambahkan pihaknya menyambut positif kordinasi yang sangat baik ini. Bahkan, pihaknya siap mendukung program kebersihan lingkungan seperti ini.

"Setiap hari Jum'at kami dari Perhutani rutin menggelar Jum'at Bersih atau Jumsih. Setiap pegawai sehabis olahraga langsung bersih-bersih area kantor," ungkapnya.

Sementara itu, Kapolrestabes Bandung Irman Sugema dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk kehadiran negara bagi masyarakat. Hal ini sesuai dengan arahan dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

"Kebersihan itu penting, namun saat ini ada yang tidak kalah penting yaitu antisipasi hoax. Seperti misalnya ungkapan tidak perlu dibersihkan nanti juga bersih sendiri itu hoax. Artinya, kita harus pastikan sendiri bahwa lingkungan itu bersih dengan cara membersihkannya," paparnya.

Jurnalis.(Ajay)

Tidak ada komentar