Breaking News

Disdik Kab Ciamis Harapkan Peserta OSN Mampuh Bersaing Ketingkat Provinsi Bahkan Nasional

Kab Ciamis - Qjabar.com

Dengan diadakan berbagai uji kompetensi khususnya didunia pendidikan,karena pendidikan paling diutamakan dinegara kita, juga lewat pendidikan akan mencetak generasi dan kader bangsa yang berkualitas. Serta bisa menanam harapan dan cita cita, Sabtu kemarin16 maret 2019.

Pemerintah secara serentak menyelenggarakan kegiatan uji kompetensi dunia pendidikan yaitu yang disebut (OSN)Olimpiade Sains Nasional di laksanakan oleh seluruh sekolah kota/kabupaten yang ada di indonesia. Seperti yang telah dilaksanakan di kabupaten ciamis.
 
Yaya zakaria selaku ketua panitia penyelenggara saat ditemui Q jabar di SMPN1 Cijeungjing menerangkan, "bahwa kegiatan ini adalah kegiatan Olimpiade Sains Nasional yang terdiri dari tiga mata pelajaran yaitu Matematika, IPA, IPS, dan kegiatan ini Olimpiade tingkat kabupaten, serta mencari tiga juara, yang selanjutnya akan mengikuti kegiatan Olimpiade Sains tingkat provinsi,insyaalloh bulan april 2019, "tandasnya.
 
Lanjut Yaya zakaria, "tujuan kegiatan OSN ini adalah untuk mengukur kualitas sekolah atau potensi siswa yang ada dikabupaten Ciamis khususnya di tiga bidang mata pelajaran Sains,sehingga nantinya akan terlihat kualitas sekolah serta potensi Siswa yang ada di kabupaten ciamis ini..juga peserta atau Siswa yang mengikuti lomba uji kompetensi dari siswa kelas tujuh dengan kelas delapan dan untuk yang paling banyak rata rata kelas delapan.
 
Ia menambahkan, "bahwa adapun jumlah peserta seluruhnya yang daptar mengikuti lomba Sains. yaitu 115 peserta Mapel Matematika,115 Mapel IPA,115 Mapel IPS, kebetulan ada dua peserta yang tidak ikut atau tidak datang kalangan sakit adalah peserta Mapel IPA dan IPS,dan untuk  jumlah masing masing Mapel IPA,IPS jadi 114 peserta, untuk yang tidak hadir itu systemnya gugur dan tidak dapat ikut serta lagi karena lomba ini tingkat nasional serentak seluruh daerah di indonesia, baik SD SMP ya semuanya tanggal 16/03/19 ini, "kata yaya zakaria.
 
"Adapun Soal atau kunci jawaban itu dikirim dari pusat atau kementerian, kami didaerah hanya sebagai pelaksana saja,serta Soalnya langsung dikirim dari sana juga sangat rahasia sekali, juga untuk kunci jawabanpun sekarang belum ada dan jawabanpun,'insyaalloh pas tanggal delapan belas nanti akan dikirimkan ke jakarta dulu lewat email, baru diperiksa untuk menentukan juara satu dua dan tiga., mata pelajaran, "tuturnya.

Yaya zakaria menyampaikan, "untuk harapan sesuai himbauan dari kadisdik kabupaten Ciamis,diharapkan Ciamis jangan saja, juara ditingkat kabupaten tapi harus mampu bersaing ditingkat provinsi bahkan harus bisa mampu menuai prestasi ditingkat nasional, "imbuhnya.

Jurnalis.(Asep Dian)

Tidak ada komentar