Breaking News

Dayat, Galendo Sala Satu Makanan Ciri Khas Ciamis

Kab Ciamis - Qjabar.com

Dayat sala seorang pengrajin usaha Galendo yang  selama ini terus dikembangkan, yang mana warga dari Dusun Rancautama Blok Talang Rt 03 Rw 08  Desa Pawindan Kecamatan Ciamis . Selasa 05 Maret 2019.

Dalam bidang usaha tersebut sudah ditekuni  hampir selama 12 Tahun lamanya Dayat mengelolanya. "Ucap Dayat ketika ditemui Qjabar Senin kemarin. Di tempat kerjanya.

Terkait perkembangan usaha dan pemasaranya sehingga ia dapat memaparkan dengan ucapan Alhamdulilah yang mana dalam usaha ini  berjalan  baik dan perkembangannya juga telah meningkat, "katanya.

"Awalnya kita memakai peralatan manual saja yang saat ini berganti dengan serba mesin,  diantaranya mesin kejek dan pemarutan sehingga sehari bisa menghasilkan (40) empat puluh Kg ,minyak kelapa yang kemudian dapat menghasilkan  (50) Kg  Galendo. "Ucapnya.

Masih kata Dayat, "Untuk dipasarkan kedaerah  Bekasi, Purwakarta , Bandung , Ciamis dan Berebes  , namun keluhanya juga disampaikan Dayat, terutama khususnya untuk menaikan harga produksi Galendo, dalam persaingan usaha dimana ketika bahan baku naik sering, "kata Dia.

Terjadi dengan saling banting harga tapi kalau minyaknya tidak karna itu tergantung  harga Dunia ketika hal itu disampaikan Dayat pada Qjabar, "kemudian dilanjutkan seperti pembelian  bahan baku ini dikirim dari Banjar,  karna menurutnya bahan baku kelapa di Ciamis ini hampir langka sangat menyayangkan padahal kelapa Ciamis  yang mana kualitasnya adalah lebih bagus sehingga dapat  meningkatkan Potensi  Daerah  terutama khususnya pengembangan kualitas bagi pengrajin usaha Galendo.

"Galendo bisa di jadikan yang selama ini telah menjadi kebanggaan daerah sebagai ciri khas makanan oleh oleh dari daerah Tatar Galuh Ciamis, "Ungkap Dayat.

Jurnalis.(Adi Sumarna)

Tidak ada komentar